spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Transformasi Digital Bank Danamon Perkuat SDM dan Ekosistem Bisnis

KNews.id– Perubahan prilaku masyarakat serta ekosistem lainnya ke arah digitalisasi, mendorong perbankan untuk bertransformasi dari product centric atau fokus pada produk dan fiturnya secara fungsional menjadi customer centric yaitu fokus pada kebutuhan konsumen atau nasabah.

Banking Strategy and Planning Banking Strategy and Planning Bank Danamon, Ardiansyah Solaiman mengatakan, transformasi bank dari product centric ke customer centric merupakan pondasi dasar bagi digitalisasi bank. Untuk itu, bisnis bank harus dibangun dengan mengutamakan sudut pandang customer. Dengan dukungan analisis data, artificial intelegent (AI), bank dapat memahami kebutuhan nasabahnya.

- Advertisement -

“Saya percaya untuk bisa bertransformasi dari product centric ke customer centric itu dari segmen didukung data analytics untuk memahami costomer journey very well, memahami touch point pada life event costumer dan kemudian customer strategy harus dibangun berdasarkan blueprint tersebut,” ungkap Ardiansyah kepada Infobanknews di acara Infobank – Temenos Regional Forum 2022, di Kempinski Jakarta, 20 September 2022.

Ardiansyah juga mengatakan, sumber daya manusia (SDM) menrupakan salah satu tantangan yang dihadapi dalam digitalisasi perbankan. Banyaknya perusahaan yang bertransformasi ke arah digital harus dihadapkan pada talenta digital yang terbatas.

- Advertisement -

“As a bank, one of thing yang kita lakukan adalah to improve our emoyee value proposition sehingga kita bisa menjadi choices of employees,” ucap Ardiansyah.

Ardiansyah melanjutkan, selain membangun SDM, bank juga harus membangun ekosistem. Dalam hal ini, Bank Danamon terus meningkatkan sinergi dengan ekosistem yang berada di bawah naungan MUFG sebagai induk. Kemudian peningkatan ekosistem yang ke dua adalah melalui pendekatan rantai nilai (value chain approach).

- Advertisement -

“Prinsipnya adalah kita mencoba untuk memperdalam relationship kita dengan bisnis-bisnis customer yang kita punya. Lalu kita mencoba untuk onboard dari customer base providence services dengan menyediakan layanan melalui platform mereka dengan harapan bisa terjadi more on us transaction between our customer base dengan customer base mereka,” ujarnya. (Ach/Ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini