spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Transaksi Pembayaran Lewat EDC BTN Melesat di Awal Tahun

KNews – Transaksi pembayaran lewat EDC BTN melesat di awal tahun. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus mengoptimalkan transaksi pembayaran di mesin electronic data capture (EDC).

Adapun Direktur IT dan Digital BTN Andi Nirwoto menyatakan transaksi melalui mesin EDC pada awal tahun ini tetap menunjukkan pergerakan yang positif.

- Advertisement -

“Dari segi jumlah transaksi di mesin EDC BTN terdapat pertumbuhan yang sangat menjanjikan seiring jumlah mesin EDC lebih dari 24.274 unit. Hal ini dapat terlihat melalui data jumlah transaksi secara YoY dimana pada periode Januari 2021 meningkat signifikan sekitar 2.179,14%,” papar Andi kepada Kontan.co.id.

Ia menyebut terdapat kategori yang paling digemari nasabah. Rinciannya, untuk kategori merchant regular, Consumer retail sebanyak 39,71%, F&B sebesar 22,15%, dan health Industri menyumbang 19,24%.

- Advertisement -

Sedangkan untuk kategori Merchant Anchor terdiri dari Home & Appliance sebesar  69,75% dan Consumer Retail sebanyak  29,81%.

Ia menyebut PPKM berdampak terhadap jumlah transaksi mengingat nasabah yang datang untuk bertransaksi secara langsung.

- Advertisement -

Guna mengantisipasi hal tersebut, BTN membuat program promosi secara intensif dan berkala. Salah satunya yaitu bekerjasama dengan merchant dalam membuat promo-promo yang menarik di berbagai kesempatan event tertentu.

Program promosi berupa promosi transaksi dan promosi insentif merchant. Semakin banyak nasabah bertransaksi menggunakan EDC BTN pada merchant tersebut, akan semakin banyak juga reward dan benefit yang mereka dapatkan.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk terus menggunakan EDC BTN dalam bertransaksi.

“Kami menyadari bahwa tahun ini potensi pertumbuhan EDC masih akan terus berkembang. Tahun ini, kami akan fokus terhadap merchant-merchant yang memperkuat ekosistem mortage dan merchant-merchant anchor yang sifatnya Consumer Retail mulai dari retail chain, optik, SPBU, restoran,” pungkasnya. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini