spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Tingkatkan Digitalisasi, Bank Mandiri Menggelar Virtual Workshop untuk UMKM

KNews.id- Bank Mandiri, Yokke, dan Asosiasi E-Commerce Indonesian (idEA) menggelar Virtual Workshop bertajuk “Transformasi Digital UMKM Merah Putih”. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan digitalisasi pada UMKM dan mengundang ribuan peserta pelaku UMKM.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengungkapkan event ini selaras dengan upaya Pemerintah dalam mendorong lebih banyak pelaku UMKM untuk bertransformasi ke platform digital. Apalagi, saat ini perkembangan UMKM Digital pun semakin masif.

- Advertisement -

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang sudah onboarding ke dalam ekosistem digital mencapai 15,9 juta atau 24,9% dari total pelaku UMKM yang sekitar 65 juta unit. Jumlah ini meningkat signifikan selama pandemi Covid-19, sebelum pandemi Covid-19 pelaku UMKM yang terhubung dalam platform digital baru sebanyak 8 juta UMKM.

“Perkembangan digital yang pesat dan masif harus disambut sebagai momentum untuk beradaptasi agar bisnis dapat tumbuh lebih cepat dan mampu bersaing, meski masih dibayangi pandemi. Kami berharap UMKM bisa bangkit dan naik kelas agar bersama-sama mendukung upaya pemulihan ekonomi,” ujar Josephus.

- Advertisement -

Adapun penyelenggaraan Virtual Workshop “Transformasi Digital UMKM Merah Putih” dibagi menjadi lima fokus wilayah. Antara lain kawasan Jabodetabek dan Banten, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali, serta Sumatera, Kalimantan, Papua, dan Sulawesi.

Pembagian wilayah ini ditujukan agar dapat menyesuaikan dengan karakteristik ekonomi dan potensi di tiap kawasan. Pelatihan pertama diselenggarakan di Jabodetabek dan Banten pada hari Kamis (14/10). Sementara, pelatihan berikutnya akan digelar di wilayah berikutnya hingga 28 Oktober 2021.

- Advertisement -

Sebagai informasi, Bank Mandiri secara bank only telah menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM hingga Rp114,58 triliun hingga akhir Agustus lalu. Nilai tersebut tumbuh 18,52% dari periode yang sama tahun lalu.

Dari nilai tersebut, penyaluran pembiayaan yang dilakukan secara online telah mencapai Rp22,9 milyar yang telah diberikan kepada seller online mitra eCommerce. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini