spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Tinggalkan Kebiasaan Begadang

KNews.id – Jakarta – Sering merasa lesu dan sulit berkonsentrasi? Tubuh Anda mungkin sedang mengirimkan sinyal bahwa sudah saatnya untuk berhenti begadang.

Dari lingkaran hitam di bawah mata hingga peningkatan rasa lapar, kurang tidur dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental Anda. Menyadari tanda-tanda ini dan mengambil langkah untuk memperbaiki pola tidur dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara signifikan. Jangan abaikan isyarat tubuh Anda untuk istirahat yang cukup adalah kunci untuk tetap sehat dan bugar dengan menghentikan kebiasaan begadang.

- Advertisement -

1. Selalu Lapar

Saat Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda merespons dengan rasa lapar yang meningkat. Kurangnya tidur membuat otak Anda mencari sumber energi alternatif, yaitu makanan, karena tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup dari tidur. Produksi ghrelin, hormon yang memicu rasa lapar, meningkat ketika Anda tidak cukup istirahat. Akibatnya, keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula semakin besar.

Di sisi lain, leptin, hormon yang memberi sinyal rasa kenyang, menjadi tidak efektif dan tidak mampu menghentikan keinginan makan. Ini menyebabkan Anda cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan berlemak dan manis yang Anda idamkan.

2. Penambahan Berat Badan

- Advertisement -

Ketika nafsu makan meningkat, konsumsi makanan juga bertambah, yang berujung pada kenaikan berat badan. Saat tubuh merasa lelah, kemampuan untuk mengontrol asupan makanan menurun.

Anda cenderung memilih makanan yang dapat membuat Anda merasa lebih waspada. Perubahan pada hormon pengatur rasa lapar dan kenyang (ghrelin dan leptin) akibat kurang tidur membuat Anda lebih menginginkan makanan manis dan gorengan untuk memperoleh energi.

Selain itu, kurang tidur memperlambat metabolisme Anda. Kombinasi antara asupan kalori yang tinggi dan metabolisme yang lambat mengakibatkan penambahan berat badan.

3. Perubahan Kesehatan Kulit

Lingkaran hitam di bawah mata sering kali menjadi tanda yang terlihat saat Anda kurang tidur. Namun, ada tanda lain yang lebih tersembunyi, yaitu munculnya jerawat. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih resisten terhadap insulin, yang pada gilirannya merangsang produksi sebum berlebih pada kulit. Resistensi insulin dan peningkatan produksi sebum ini dapat menyebabkan munculnya jerawat secara tiba-tiba di wajah Anda.

4. Terserang Penyakit

Kurang tidur dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, membuat tubuh lebih sulit melawan penyakit dan infeksi. Saat sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik, risiko terkena flu meningkat. Ini terjadi karena sitokin, protein yang melindungi tubuh dari peradangan dan infeksi, diproduksi selama tidur. Oleh karena itu, kurang tidur setiap malam dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

5. Sulit Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan saat Anda kurang tidur bisa menjadi lebih menantang dari biasanya. Kurangnya tidur alias sering begadang dapat memperlambat pemrosesan informasi dan mengganggu fungsi-fungsi seperti penyelesaian masalah, yang berdampak pada kemampuan Anda untuk membuat keputusan cepat dan tepat.

Jika Anda mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda ini, tubuh Anda mungkin mengindikasikan perlunya lebih banyak istirahat. Jika kebiasaan tidur yang baik tidak membantu, mungkin ada masalah tidur yang mendasarinya.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki gangguan tidur seperti apnea, Anda bisa mencoba Kuis Apnea Tidur kami. Anda juga dapat membuat janji dengan salah satu spesialis tidur kami. Memperbaiki kualitas tidur Anda tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

(Zs/tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini