spot_img
Senin, Juli 15, 2024
spot_img

Tiga Partai Besar Memberi Dukungan Terhadap Anies Baswedan Maju ke Pilgub

KNews.id – Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberi sinyal dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta.

Presiden (PKS) Ahmad Syaikhu menegaskan partainya tak meragukan kompetensi Anies untuk maju di Pilgub Jakarta. Dia optimistis, Anies memiliki kapabilitas untuk berkontestasi mengingat bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pernah menjadi calon presiden pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

- Advertisement -

“Kami sudah tahulah kualitas Pak Anies, sudah jadi calon presiden kok,” kata Syaikhu usai menghadiri acara Tebar Kurban di kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS, Selasa, 18 Juni 2024.

Adapun Anies telah mengantongi dukungan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jakarta. Anies juga telah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di tingkat DPW. Sekarang, restu untuk Anies masih dipertimbangkan oleh DPP PKS. Syaikhu menyampaikan bahwa kini partainya tak perlu menggelar UKK tambahan untuk Anies. Dia menyatakan bahwa PKS sudah mengenal Anies dengan baik.

“Enggak perlu, kami enggak buka pendaftaran dan interview. Orang udah deket, kami sudah paham betul,” tuturnya.

Tak sampai di situ, Syaikhu juga mengatakan bahwa partainya belum memikirkan nama lain selain Anies, termasuk mantan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil atau RK. Dia menyebut sejauh ini sinyal positif PKS hanya diberikan untuk Anies.

- Advertisement -

“Kemampuan Anies juga sudah ketahuan,” ucapnya.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan Anies Baswedan, sudah menjalani UKK di tingkat DPW PKS DKI Jakarta. Dengan demikian, Anies sudah masuk di dalam daftar antrean calon gubernur yang diusulkan oleh PKS.

“Sampai hari ini yang mengusulkan memang DPW,” kata HNW saat ditemui dalam acara Tebar Kurban di kantor DPP PKS, Selasa, 18 Juni 2024. Lebih lanjut, HNW menyampaikan, jika seandainya PKS mengusung Anies sebagai calon gubernur Jakarta, maka kader PKS akan diutamakan sebagai calon wakil gubernur.

“PKS sangat mampu untuk menjadi mendampingi cawagub yang nanti kita sepakati,” ujarnya.

PDIP: Akan diumumkan pertengahan Juli

PDIP juga telah memberi sinyal dukungan terhadap Anies untuk maju di Pilgub Jakarta. Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey mengatakan, dewan pimpinan pusat partai akan mengumumkan apakah akan mengusung Anies atau tidak dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta pada pertengahan Juli 2024.

Menurut Olly, saat ini PDIP masih dalam tahapan survei terhadap nama-nama yang akan didukung untuk pilkada semua wilayah. Nama-nama yang disurvei internal oleh PDIP terdiri dari kader internal dan eksternal.

“Kami belum keluar hasil survei akhir. Kami masih akan survei sampai pertengahan Juli untuk siap supaya pas lah. Namanya persiapan pemenangan, makanya harus betul-betul harus siap,” kata Olly.

Olly mengatakan, rekomendasi nama Anies dan nama-nama lain yang diserahkan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta akan menunggu hasil survei sebelum diputuskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.  DPD PDIP Jakarta mengungkapkan telah merekomendasikan sejumlah nama lain kepada Dewan Pimpinan Pusat PDIP untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

“Anies salah satu nama yang terjaring. Pak Pras masuk juga. Andika juga kami usulkan. Ya, termasuk ada nama Pak Ahok muncul juga,” kata Sekretaris DPD PDIP Jakarta Pantas Nainggolan di Sekolah Partai Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.

Pantas menyampaikan nama Anies masuk dalam bursa calon gubernur pada Pilkada Jakarta mendatang lantaran diusulkan oleh internal maupun eksternal DPD PDIP DKI Jakarta. Selain nama-nama itu, DPD mengusulkan Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta Djafar Badjeber.

“Djafar Badjeber dari Hanura. Dari kader PDI Perjuangan ada Pak Rasyidi. Kemudian ada nama-nama lain yang tidak saya ingat karena tidak begitu populer,” ujarnya.

PKB: Aspirasi dari DKI Jakarta pasti akan dibawa ke DPP PKB

Sebelumnya, DPW PKB DKI Jakarta telah mengumumkan dukungan mereka terhadap Anies untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada periode 2024-2029.

“Kami menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan untuk calon sebagai gubernur DKI jakarta periode 2024-2029,” kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas di kantor DPW PKB Jakarta, Rabu, 12 Juni 2024.

Hasbiallah pun meminta seluruh kader partai untuk segera turun ke lapangan mengenalkan Anies sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Selang sehari kemudian, Anies mengucapkan terima kasih atas amanah DPW PKB DKI Jakarta yang merekomendasikan dirinya sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta untuk berkompetisi dalam Pilkada 2024.

Wakil Ketua Umum PKB Ida Fauziyah mengatakan, dukungan pencalonan Anies yang merupakan aspirasi dari dewan pimpinan wilayah bakal dibawa ke dewan pimpinan pusat PKB.

“Aspirasi dari DKI Jakarta pasti akan dibawa ke DPP PKB,” ujarnya di Jakarta, Senin, 17 Juni 2024.

Namun, Ida mengatakan, PKB memiliki mekanisme dalam mendukung seseorang untuk maju dalam pilkada sebelum surat rekomendasi dikeluarkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Menurut dia, usai dewan pimpinan wilayah mengusulkan kepada dewan pimpinan pusat, setiap calon mesti mengikuti uji kelayakan dan kepatutan partai.

“Sama seperti Pilkada yang lain prosesnya tetap saja mengikuti ujian kelayakan dan kepatutan,” ucap Ida.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini