spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Tidur Melulu dan Linglung Bisa Jadi Tanda Ajal Sudah Dekat, Ini Penjelasannya…

KNews.id-Sebelum meninggal dunia, tubuh seseorang biasanya memberikan sederet tanda yang bisa dikenali orang-orang sekitar.

Khususnya, jika orang tersebut dalam kondisi sakit berat atau sudah lanjut usia (lansia). Dengan memahami tanda-tanda tersebut, orang terdekat seperti keluarga bisa menemani, menjaga, dan mengambil langkah untuk pasien.

- Advertisement -

Misalnya tanda pertama, yakni selalu lelah dan banyak tidur. Umumnya dalam dua hingga tiga bulan sebelum ajal, metabolisme tubuh melemah. Walhasil, seseorang akan menjadi tidur lebih banyak dibanding biasanya.

Tak hanya itu, berikut sederet tanda-tanda seseorang akan menyambut ajal dikutip dari Medical News Today:

- Advertisement -

1. Nafsu Makan Menurun
Orang yang mendekati kematian akan menjadi kurang aktif. Artinya, tubuh mereka membutuhkan lebih sedikit energi daripada sebelumnya.

Mereka akan berhenti makan atau minum sebanyak-banyaknya, karena nafsu makan mereka berangsur-angsur berkurang.Menyikapi tanda ini, pastikan pasien tersebut senantiasa terhidrasi.

- Advertisement -

2. Tidak Berbaur dengan Sosial
Karena tingkat energi orang yang sekarat berkurang, mereka mungkin tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk berbaur dengan banyak orang. Namun begitu, pastikan pasien selalu beroleh rasa dicintai dari orang-orang terdekat.

3. Perubahan pada Tanda Vital
Seseorang yang mendekati kematian juga umumnya mengalami perubahan pada organ-organ vital. Perubahan tersebut berupa:

Tekanan darah menurun
Perubahan pernapasan
Detak jantung menjadi tidak teratur
Detak jantung mungkin sulit dideteksi
Urin mungkin berwarna coklat, cokelat, atau berwarna karat disebabkan fungsi ginjal menurun

Bagi keluarga dan orang-orang terdekat, melihat tanda-tanda tersebut mungkin amat menyakitkan. Namun di samping itu, cobalah untuk tidak terlalu terpaku pada perubahan fisik dan sebisa mungkin tetap temani pasien.

4. Linglung
Otak orang yang sekarat mungkin masih sangat aktif. Namun pada banyak kasus, mereka rentan kebingungan dan tidak koheren. Mereka juga seringkali kehilangan memori tentang apa yang terjadi di sekitarnya.
Menyikapi kondisi tersebut, pastikan pasien terus diajak bicara. Jelaskan situasi yang terjadi di sekitar dengan sabar.

5. Buang Air Lebih Sedikit
Orang yang tengah mendekati ajal akan buang air besar maupun air kecil lebih jarang lantaran mereka makan dan minum lebih sedikit. Jika diperlukan, konsultasikan kondisi ini ke dokter di rumah sakit barangkali pasien memerlukan bantuan kateter. (Ach/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini