spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Tiba-Tiba Zulkifli Hasan Ke Istana Bertemu Jokowi, Bahas Apa?

KNews- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan rapat internal bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Beberapa hal yang dibahas dari rapat mulai dari hasil kunjungan dari Mesir, hingga menyikapi fenomena cuaca El Nino.

- Advertisement -

“Saya laporan baru pulang kunjungan dari Mesir. Kita siapkan Joint Trade Commission sehingga bisa ditingkatkan menjadi Free Trade Agreement (FTA) ke Mesir, meski dagang kita ke Mesir belum besar,” kata Zulhas saat ditemui usai rapat.

Dia mengatakan total perdagangan RI dengan Mesir baru mencapai US$ 1,6 miliar, di mana Mesir banyak melakukan importasi hasil seperti kopi, minyak, dan manufaktur kayu.

- Advertisement -

Waspada El Nino

Kedua, Zulhas mengatakan juga melakukan pembahasan dengan Presiden Jokowi untuk menyikapi fenomena El Nino. Di mana kemungkinan hasil produksi pangan bakal menurun di sejumlah negara.

- Advertisement -

“Seperti Malaysia saja rebutan air minum, di India suasana panas sampai membuat korban, China juga. Kalau cuaca panas produksi akan turun kan. kita harus siap hadapi berbagai kemungkinan,” kata Zulhas.

Untuk Zulhas mencontohkan seperti komoditas beras, rencananya akan dilakukan pemesanan barang secara Government to Government supaya bisa menjadi stok milik Indonesia.

“Agar menjadi stok kita, ketika barang kurang di kita, maka barang sudah tersedia. Dan juga hasil pertanian kita,” sebut Zulhas.

Ketika ditanya dia menyebut adanya kemungkinan kembali melakukan importasi beras. Meski nanti ketika dibutuhkan.

“Ya kalau diperlukan,” katanya. (RZ/DTK)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini