spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Tesla Bangun Pabrik di Batang, Menteri BKPM: Investasi Masuk Tahun ini

KNews – Tesla bangun pabrik di Batang, menteri BKPM: investasi masuk tahun ini. Pabrik mobil Tesla dikabarkan akan dibangun di Indonesia. Rencananya, pabrik Tesla itu akan dibangun di Batang, Jawa Tengah. Nantinya Indonesia akan menjadi negara keempat yang punya pabrik Tesla.

“Kabupaten Batang di Jawa Tengah akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar. Seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” kata Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

- Advertisement -

Menurutnya, lobi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Tesla tertarik investasi di Indonesia. Sebelumnya Tesla masih tarik-ulur untuk membangun pabriknya di Indonesia.

“Dulu ketika Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia. Karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar. Saya lobi ke Foxconn, Pak Luhut ke Tesla. Lobi ke Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Namun, berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia,” terangnya.

- Advertisement -

Sejauh ini, Tesla memproduksi mobil-mobilnya di tiga negara yang mewakili tiga benua. Yaitu Amerika Serikat, China dan Jerman. Tak hanya mobil Tesla, pabrik tersebut memproduksi baterai lithium-ion, hingga supercharger.

Untuk di Indonesia, lanjut Bahlil, investasi pabrik Tesla akan dilakukan tahun ini. Kerja samanya menyangkut dua bidang. Yakni baterai dan mobil listrik.

- Advertisement -

Untuk pasar Indonesia, ada empat mobil Tesla yang sudah meluncur secara global. Beberapa importir umum menjual mobil Tesla mulai dari Model S, Model X, Model 3 dan Model Y. (RKZ/fin)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini