spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Terungkap, AS Sempat Ketir-ketir Rusia Mengebom Nuklir Ukraina pada 2022

 

KNews.id – Pada akhir tahun 2022, Amerika Serikat (AS) mulai “bersiap secara ketat” menghadapi kemungkinan Rusia menyerang Ukraina dengan senjata nuklir. Demikian diungkap dua pejabat senior pemerintah Washington.

- Advertisement -

Jika Moskow mengebom nuklir Kyiv pada saat itu, maka itu akan menjadi serangan nuklir pertama dalam perang sejak Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki hampir delapan puluh tahun sebelumnya. Para pejabat tersebut mengatakan pemerintahan Joe Biden secara khusus khawatir Rusia mungkin menggunakan senjata nuklir taktis di medan perang.

Jurnalis CNN, Jim Sciutto, mengatakan dia pertama kali melaporkan bahwa para pejabat AS khawatir mengenai penggunaan senjata nuklir taktis Rusia pada tahun 2022, namun dalam buku barunya, “The Return of Great Powers” yang akan diterbitkan pada 12 Maret 2024, dia mengungkapkan rincian eksklusif tentang tingkat perencanaan darurat yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh para pejabat senior pemerintahan Biden, yang menjadi semakin khawatir dengan situasi ini.

- Advertisement -

“Itulah yang dihadirkan oleh konflik tersebut kepada kami, jadi kami percaya dan menurut saya merupakan hak kami untuk mempersiapkan diri dengan matang dan melakukan segala kemungkinan untuk menghindari hal tersebut terjadi,” kata pejabat senior pemerintah Biden yang pertama kepada Sciutto.

Apa yang membuat pemerintahan Biden mencapai penilaian mengejutkan tersebut bukanlah hanya satu indikator saja, namun serangkaian perkembangan, analisis, dan—yang terpenting—informasi intelijen baru yang sangat sensitif. Ketakutan pemerintah, kata seorang pejabat senior pemerintah yang kedua kepada jurnalis tersebut, “bukan hanya hipotetis — hal ini juga didasarkan pada beberapa informasi yang kami kumpulkan.”

- Advertisement -

“Kami harus membuat rencana sehingga kami berada dalam posisi terbaik seandainya peristiwa yang tidak terpikirkan ini benar-benar terjadi,” kata pejabat senior pemerintahan yang sama kepada Sciutto.

Selama periode tersebut, dari akhir musim panas hingga musim gugur tahun 2022, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengadakan serangkaian pertemuan untuk menetapkan rencana darurat.

“Jika terdapat indikasi yang sangat jelas bahwa mereka akan melakukan sesuatu, menyerang dengan senjata nuklir, atau jika mereka melakukan hal tersebut, bagaimana kita akan menanggapinya, bagaimana kita mencoba mencegahnya, atau menghalanginya,” kata pejabat senior pertama pemerintahan Biden kepada Sciutto.

“Saya rasa banyak dari kita yang memasuki dunia kerja tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan sebuah skenario yang beberapa tahun lalu diyakini berasal dari masa lalu,” lanjut pejabat tersebut.

Pasukan Rusia Dikepung, Waswas Perang Nuklir Akhir musim panas 2022 terbukti menjadi periode yang menghancurkan bagi pasukan Rusia di Ukraina. Pasukan Ukraina bergerak maju ke Kherson yang diduduki pasukan Moskow di selatan.

Kota ini telah menjadi hadiah terbesar Rusia sejak invasi tersebut. Saat itu, Moskow terancam kalah oleh serangan balasan Ukraina. Yang terpenting, ketika pasukan Ukraina maju, seluruh unit Rusia berada dalam bahaya dikepung.

Pandangan dalam pemerintahan AS adalah bahwa kerugian sebesar itu bisa menjadi “potensi pemicu” penggunaan senjata nuklir. “Jika sejumlah besar pasukan Rusia dikalahkan—jika nyawa mereka hancur—itu adalah semacam awal dari potensi ancaman langsung terhadap wilayah Rusia atau negara Rusia,” kata pejabat senior pertama pemerintahan tersebut.

“Di Kherson pada saat itu, semakin banyak tanda-tanda bahwa garis pertahanan Rusia akan runtuh. Puluhan ribu tentara Rusia berpotensi rentan.” Rusia pada saat itu kehilangan wilayah Ukraina yang diduduki. Namun para pejabat AS khawatir bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin melihatnya secara berbeda.

Dia telah mengatakan kepada rakyat Rusia bahwa Kherson sekarang adalah bagian dari Rusia, dan karena itu, dia mungkin menganggap kerugian besar di sana sebagai ancaman langsung terhadap dirinya dan negara Rusia.

“Penilaian kami selama beberapa waktu adalah bahwa salah satu skenario di mana mereka akan mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir [termasuk] hal-hal seperti ancaman nyata terhadap negara Rusia, ancaman langsung terhadap wilayah Rusia,” kata pejabat senior pertama pemerintahan Biden.

Dalam penilaian seperti itu, Rusia dapat memandang serangan nuklir taktis sebagai pencegah hilangnya lebih lanjut wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina serta potensi serangan terhadap Rusia sendiri.

Operasi Bendera Palsu Pada saat yang sama, mesin propaganda Rusia menyebarkan berita palsu baru tentang bom kotor Ukraina, yang dikhawatirkan oleh para pejabat AS dapat digunakan sebagai kedok untuk serangan nuklir Rusia.

Pada bulan Oktober 2022, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melakukan serangkaian panggilan telepon dengan para pejabat pertahanan di AS, Inggris, Prancis, dan Turki, memberi tahu mereka bahwa Kremlin “prihatin dengan kemungkinan provokasi yang dilakukan Kyiv yang melibatkan penggunaan bom kotor.”

Pejabat AS dan negara Barat lainnya menolak peringatan Rusia. Meski begitu, duta besar Rusia untuk PBB menyampaikan surat langsung ke PBB merinci dugaan ancaman yang sama. Para pejabat Rusia menuduh Ukraina akan membuat dan meledakkan bom kotor terhadap pasukan Rusia dan kemudian menyalahkan Rusia atas serangan tersebut.

Para pejabat AS menolak peringatan Rusia namun mengkhawatirkan motivasi di balik peringatan tersebut. “Pesan publik Rusia tidak masuk akal mengenai potensi Ukraina menggunakan bom kotor, yang kami lihat tidak didasarkan pada kenyataan,” kata pejabat senior pertama pemerintahan Biden.

Yang lebih memprihatinkan bagi pejabat tersebut adalah bahwa pihak Rusia akan mengatakan hal-hal tersebut baik sebagai dalih bagi mereka untuk melakukan sesuatu yang gila atau sebagai kedok untuk sesuatu yang mereka sendiri ingin lakukan.

“Jadi itu cukup mengkhawatirkan,” ujarnya. Namun ada satu hal lagi yang mengangkat kekhawatiran tersebut ke tingkat yang lebih tinggi. Badan-badan intelijen Barat telah menerima informasi bahwa kini ada komunikasi di antara para pejabat Rusia yang secara eksplisit membahas serangan nuklir.

Seperti yang dijelaskan oleh pejabat senior pertama pemerintah Biden kepada Sciutto: “Terdapat indikasi bahwa kami menangkap melalui cara lain bahwa hal ini setidaknya merupakan sesuatu yang sedang didiskusikan oleh tingkat yang lebih rendah dalam sistem Rusia.”

Akses AS terhadap komunikasi internal Rusia telah terbukti mampu sebelumnya. Menjelang invasi Ukraina, AS telah menyadap komandan militer Rusia yang mendiskusikan persiapan invasi, komunikasi yang menjadi bagian dari penilaian intelijen AS, yang kemudian terbukti akurat, bahwa invasi akan segera terjadi. “Penilaian ini bukanlah penilaian yang bersifat langsung dan hitam-putih,” kata pejabat seniorpertama pemerintah Biden.

“Tetapi tingkat risiko tampaknya meningkat, melampaui tingkat risiko lainnya.” Apakah AS Akan Mengetahuinya? AS tidak pernah mendeteksi intelijen yang menunjukkan bahwa Rusia mengambil langkah-langkah untuk memobilisasi kekuatan nuklirnya untuk melakukan serangan semacam itu.

“Kami jelas menempatkan prioritas tinggi pada pelacakan dan setidaknya memiliki kemampuan untuk melacak pergerakan kekuatan nuklirnya,” kata lanjut pejabat senior tersebut. “Dan kami tidak pernah melihat indikasi langkah apa pun yang kami perkirakan akan diambil oleh mereka jika mereka hendak menggunakan senjata nuklir.”
(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini