spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Terseret Pandora Papers, Presiden Chile terancam Dimakzulkan!

KNews.id- Majelis rendah Kongres Chile telah menyetujui sidang pemakzulan terhadap Presiden Sebastian Pinera atas tuduhan korupsi. Tuduhan ini muncul menyusul pengungkapan dokumen Pandora Papers bulan lalu.

Pemungutan suara sidang pemakzulan pada Selasa (9/11) pagi memberikan Majelis Deputi 78 suara yang diperlukan untuk mengajukan pemakzulan dan melanjutkan proses itu ke Senat, yang akan bertindak sebagai juri.

- Advertisement -

Pemungutan suara ini muncul dua pekan sebelum pemilihan umum Chile yang akan digelar pada 21 November, di mana rakyat Chile akan memilih presiden baru. Pinera telah menjabat selama dua masa jabatan. Para legislator dengan cepat menuduh Pinera, salah satu orang terkaya di Chile, menggunakan jabatannya untuk keuntungan finansial pribadi.

Sementara itu, jaksa penuntut umum Chile mengatakan pada Oktober bahwa pihaknya akan membuka penyelidikan terhadap kemungkinan tuduhan korupsi terkait penyuapan, serta pelanggaran pajak terkait dengan penjualan tambang Dominga pada 2010, yang terjadi selama masa jabatan pertama Pinera.

- Advertisement -

Pinera telah membantah melakukan kesalahan, mengatakan penjualan itu sebelumnya telah diperiksa dan diberhentikan oleh pengadilan pada tahun 2017. Popularitas Pinera telah berkurang di tengah pandemi virus corona dan kritik bahwa pemerintahnya terlalu lama memberikan bantuan ekonomi yang dijanjikan kepada para keluarga Chile.

Protes di seluruh negeri terus berlanjut sejak 2019 atas ketidaksetaraan dan biaya hidup. Bentrokan dengan pasukan keamanan telah mengakibatkan banyak kematian dan ribuan penangkapan.

- Advertisement -

Koalisi sayap kanan Pinera, sementara itu, mengalami kekalahan yang menghancurkan pada bulan Mei dalam pemilihan konsekuen untuk majelis konstituante yang baru dibentuk.

Koalisi yang berkuasa hanya memenangkan 37 dari 155 kursi di majelis, yang disetujui oleh referendum populer pada Oktober 2020 dan akan menyusun konstitusi baru negara itu. Tugas itu sekarang akan dikendalikan oleh sejumlah partai sayap kiri. Masa jabatan Pinera akan berakhir pada Maret tahun depan. (AHM/okzo)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini