spot_img
Senin, Juni 3, 2024
spot_img

Ternyata! Luhut Tahu Dalang Ekspor Nikel Ilegal ke China

KNews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sudah tahu sumber ekspor biji nikel ilegal 5,1 juta ton ke China. Dia mengatakan ekspor tersebut diduga berasal dari Kalimantan Selatan.

Menurut Luhut, informasi itu diketahui dari penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi. “Yang 5,1 juta ton itu kan? Sekarang ini dengan digitalisasi itu sudah kita bicara dengan KPK. KPK sudah telepon saya menjelaskan karena mereka yang dapat dengan kami, karena semua digitalize, kita sudah urut dari China mana asalnya itu, asalnya itu dari Kalimantan Selatan,” tutur Luhut di Jakarta, dikutip Sabtu (9/9/2023).

- Advertisement -

Luhut tak hanya mengetahui soal sumber lokasi nikel tersebut. Dia mengatakan juga sudah mengetahui siapa pelakunya, namun tidak mengungkapkan identitas pelaku tersebut. “Siapa anunya, kita sudah tahu semua,” ucap Luhut.

Dugaan ekspor nikel ilegal pertama kali diungkap oleh KPK yang membeberkan adanya dugaan kasus ekspor ilegal bijih nikel RI ke China sejak 2021 lalu. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 5 juta ton bijih nikel RI diduga telah diselundupkan ke Negeri Tirai Bambu sejak 2021-2022. Padahal, seperti diketahui, Pemerintah Indonesia telah resmi melarang ekspor bijih nikel sejak 2020 lalu.

- Advertisement -

Luhut mengatakan masih menyelidiki ada atau tidaknya kesengajaan dalam ekspor ini. Sebab, kata dia, ada kemungkinan bahwa nikel tersebut tercampur dengan ekspor besi baja.

“Tapi sekarang kita yang selidiki itu nikel yang tercampur dengan iron ada di dalamnya. Pertanyaannya, apakah ini disengaja atau tidak, lagi kita cari. Kadarnya apa, kadarnya rendah 0,5,” tutur Menko Luhut.

- Advertisement -

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah kini sedang mengupayakan agar semua sistem pencatatan dan pengawasan digitalisasi, sehingga mudah dilacak.

“Jadi, semua lagi kita investigasi, kalau untuk batu bara sudah sangat sulit untuk nipu karena sudah digitalize, sekarang nikel kita masukin dengan Jaksa Agung, dengan KPK juga bicara semua akan kita masukkan digitalize, sehingga kita bisa trace semua,” kata dia. (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini