spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Ternyata Kampung Halamannya Rocky Gerung di Minahasa, Desa Rambunan Sentra Pengolahan Gula Aren dan Cap Tikus

KNews.id –  Rocky Gerung, akademisi, filsuf dan pengamat politik dengan segudang kontraversinya ternyata berasal dari Desa Rambunan, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, yang terletak diperbatasan antara Kota Tomohon. Hal ini diungkapkan oleh Rofna Gerung, tokoh muda Desa Rambunan yang masih se-family dengan Rocky, pria kelahiran Manado, 20 Januari 1959 yang sementara Viral dengan pernyataannya mengkritik Presiden Jokowi.

“Rocky Gerung adalah orang yang intelek sama seperti adiknya Prof Grevo Gerung, dan dua saudara kandung mereka lainnya. Meski sudah lahir dan besar di Manado, tapi ayah mereka yang biasa dipangil Opa Z, asli berasal dari sini Desa Rambunan Kecamatan Sonder dan Bahkan kakak beradik dari ayah mereka tinggal di Rambunan, Sonder dan juga ada yang di Manado,” tutur Rofna Gerung Mantan Penatua Pemuda GMIM Rambunan.

- Advertisement -

Tak hanya gula aren, masyarakat Desa Rambunan bahkan mengolah hasil dari tanama aren berupa air nira yang diproses dengan cara penyulingan hingga menjadi minuman beralkohol tradisional bernama Cap Tikus. Minuman Cap Tikus ini memiliki kandungan alkohol dari 40 – 75 %, digunakan sebagai minuman keseharian para petani, jika dikonsumsi dengan wajar sebagai penghangat badan.

 

- Advertisement -
Jarak Desa Rambunan dengan Ibukota Kabupaten Tondono adalah sekitar 28 km sementara jarak dengan ibukota provinsi Manado yakni 43 km. Batas wilayah kepolisian Desa Rambunan adalah sebagai berikut: Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Tonelet dan Talikuran Kecamatan Sonder, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan, Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sawangan Kecamatan Sonder. Desa Rambunan beriklim tropis dengan tinggi tempat dari permukaan laut adalah 550 ddp dengan Keadaan suhu rata-rata 21 derajat celcius dengan bentuk wilayah datar dan berombak, berbukit dan bergunung dengan luas 184,5 hektar.  (Zs/MP)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini