spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Ternyata Gigi Berlubang Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

KNews.id – Penting bagi setiap individu untuk menjaga serta merawat kesehatan gigi dan mulut guna mencegah risiko terjadinya gigi berlubang. Selain menimbulkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, gigi berlubang ternyata juga bisa memicu penyakit jantung.

Lalu, apa yang menyebabkan gigi berlubang bisa memengaruhi penyakit jantung? Jika benar, bagaimana cara meminimalkan risikonya? Mari simak informasi selengkapnya melalui artikel berikut ini.

- Advertisement -

Pengaruh Gigi Berlubang Terhadap Penyakit Jantung

Secara umum, kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga dengan baik dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Pasalnya, kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga dapat memicu interaksi antara bakteri di mulut dengan gula dan pati dari sisa-sisa makanan atau minuman, yang kemudian membentuk plak gigi.

Plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi yang menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Seiring berjalannya waktu, bakteri di karang gigi akan melepas asam yang bisa merusak lapisan gigi dan memicu gigi berlubang, sehingga dapat mengekspos rongga pulpa yang berisi saraf-saraf serta pembuluh darah.

Rongga pulpa yang tak terlindungi bisa meningkatkan risiko masuknya bakteri penyebab gigi berlubang ke dalam pembuluh darah yang mengalirkan darah ke bagian tubuh lainnya, termasuk jantung. Bakteri yang sudah mencapai jantung dapat menyebabkan terjadinya endokarditis (infeksi pada lapisan dalam jantung).

- Advertisement -

Rusaknya lapisan gigi juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit gusi, seperti gingivitis (peradangan pada gusi) serta periodontitis yang jika dibiarkan dapat menyebabkan terbentuknya kantong berisi nanah (abses) di sekitar akar gigi.

Peradangan yang terjadi secara terus-menerus pada penyakit gusi dapat menyebabkan bakteri penyebab penyakit gusi masuk ke dalam pembuluh darah arteri jantung dan menimbulkan timbunan plak di dinding pembuluh darah, yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri (aterosklerosis) dan menghambat aliran darah menuju jantung. Akibatnya kinerja jantung menjadi terganggu.

Tips Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung Akibat Gigi Berlubang

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan merawat kebersihan rongga mulut secara menyeluruh. Adapun sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan meminimalkan risiko terjadinya penyakit jantung akibat gigi berlubang adalah sebagai berikut.

1. Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi yang Tepat

Tips mencegah terjadinya penyakit jantung akibat gigi berlubang yang pertama adalah dengan memilih sikat gigi yang tepat. Sebaiknya, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan halus. Selain itu, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu menguatkan enamel (lapisan luar gigi) dan meminimalkan risiko terjadinya gigi berlubang.

2. Menyikat Gigi Secara Rutin

Tips menghindari risiko terjadinya penyakit jantung akibat gigi berlubang berikutnya, yaitu dengan menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari. Penting pula untuk memastikan cara menyikat gigi yang benar agar dapat membersihkan gigi dan rongga mulut secara menyeluruh.

3. Membersihkan Sela-Sela Gigi

Flossing gigi merupakan teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi khusus (dental floss). Metode ini diketahui dapat membantu mengangkat sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang biasanya tidak bisa terangkat hanya dengan menyikat gigi.

Selain flossing gigi, Anda juga dapat menggunakan obat kumur khusus untuk membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang masih menempel di dalam rongga mulut setelah menyikat gigi. Selain itu, obat kumur juga dapat membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi.

4. Membatasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Membatasi konsumsi makanan dan minuman manis merupakan upaya meminimalkan risiko penyakit jantung akibat gigi berlubang. Pasalnya, interaksi antara bakteri di mulut dengan gula dan pati dari sisa-sisa makanan dan minuman dapat memproduksi asam di rongga mulut yang berisiko mengikis enamel gigi dan memicu gigi berlubang.

Selain makanan dan minuman manis, beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi untuk meminimalkan risiko penyakit jantung akibat gigi berlubang adalah makanan atau minuman yang mengandung asam tinggi, makanan bertepung, dan minuman beralkohol.

5. Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter

Tips mencegah penyakit jantung akibat gigi berlubang yang terakhir namun tidak kalah penting adalah rutin melakukan pemeriksaan gigi dan rongga mulut ke dokter gigi, yaitu setiap enam bulan sekali. Nantinya, dokter gigi dapat melakukan tindakan medis yang tepat untuk membersihkan rongga mulut serta mencegah terjadinya kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Itu dia informasi lengkap mengenai pengaruh gigi berlubang terhadap risiko perkembangan penyakit jantung, beserta cara tepat untuk meminimalkan risikonya. Pada dasarnya, setiap individu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kondisi rongga mulut secara rutin guna menghindari berbagai masalah kesehatan di masa mendatang.

Jika ingin melakukan pemeriksaan rongga mulut secara menyeluruh, jangan ragu untuk mengunjungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda. Siloam Hospitals didukung dengan tim dokter spesialis berpengalaman dan fasilitas medis mutakhir sehingga mampu memberikan diagnosis serta prosedur perawatan yang tepat dan sesuai kondisi tubuh.

Siloam Hospitals juga menyediakan beberapa paket medical check up Perawatan Gigi yang bisa Anda pesan sebagai langkah perawatan terhadap gigi yang rusak. Manfaatkan aplikasi MySiloam yang dapat memudahkan Anda untuk memesan paket medical check up, cek hasil pemeriksaan, serta konsultasi langsung dengan dokter secara virtual. Download MySiloam sekarang dan jaga selalu kesehatan Anda

(Zs/SH)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini