spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Terkait Penyerangan Ustadz, Muhammadiyah: Diduga Ada yang Main Api

KNews.id –  Kasus penyerangan terhadap seorang ustaz beberapa kali terjadi di Tanah Air. Bentuk serangannya mulai dari aksi pemukulan hingga penikaman.

Muhammadiyah turut menyoroti kasus-kasus penyerangan terhadap ustaz tidak dilakukan secara kebetulan, melainkan ada pihak yang berusaha ‘memainkan api’.

- Advertisement -

“Peristiwa penyerangan ustaz yang terjadi beruntun besar kemungkinan bukan suatu kebetulan. Patut diduga ada yang sedang bermain api,” cuit Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti, di akun Twitternya, Kamis (23/9/2021).

Dirangkum detikcom, berikut deretan kasus penyerangan terhadap ustad:

- Advertisement -

20 September 2021 – Ustaz Abu Syahid di Batam
Aksi penyerangan terhadap ustaz baru saja terjadi di Batam, Kepulauan Riau. Korbannya adalah Ustaz Abu Syahid Chaniago. Ia diserang orang tak dikenal saat sedang berceramah di Masjid Baitusyakur.

Penyerangan itu terjadi di Masjid Baitusyakur pada Senin (20/9). Kala itu, Ustaz Abu Syahid Chaniago tengah berceramah. Pelaku berinisial H tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut.

- Advertisement -

Sementara itu, dalam video yang beredar di media sosial, terlihat pelaku diamankan jemaah. Namun pelaku terus melawan. Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Goldenhardt mengatakan Ustaz Chaniago dipukul dengan tangan kosong. Saat itu Ustaz Chaniago sedang berceramah di acara pengajian.

“Diserang dengan tangan kosong. Aksi itu tiba-tiba. Terjadi saat Ustaz Abu Chaniago memberikan ceramah sekitar pukul 11.15 WIB,” jelasnya, Selasa (21/9/2021).

27 Juli 2021 – Ustaz Aminnur Rasyid Aruan di Labuhanbatu Utara
Ketua MUI Labuhanbatu Utara (Labura), Ustaz Aminnur Rasyid Aruan tewas usai dibacok Suprianto alias Anto Dogol (35). Tangan Ustaz Aminnur sampai putus.

Peristiwa pembacokan ini terjadi di Gunting Saga, Labura, Selasa (27/7), sekitar pukul 18.00 WIB. Akibat serangan tersebut, tubuh korban terperosok ke dalam parit dalam posisi bersujud. Selain itu, pergelangan tangan korban putus.

“Korban menyampaikan kepada pelaku agar jangan lagi mencuri sawit di kebun miliknya. (Sehari-hari) pelaku ini memang merupakan pegawai dari korban di kebun tersebut,” kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan kepada wartawan, Selasa (27/7) malam.

Anto Dogol diduga sakit hati karena ditegur Aminnur. Hal itu diduga menjadi pemicu aksi sadis Anto Dogol membacok Aminnur.

29 September 2020 – Ustaz Zaid di Banda Aceh
Kasus penyerangan terhadap ustaz lainnya menimpa Muhamad Zaid Maulana (36). Dia diserang saat berceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Al-Husna, Aceh Tenggara, Aceh.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/10) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Pelakunya MA (37) yang merupakan pecatan polisi itu menyelinap hingga ada di belakang mimbar tempat Ustaz Zaid berceramah.

Sambil memegang pisau dia lalu mendekat dan memegang Zaid. Pisau belati yang dibawanya dipakai untuk mencoba membacok leher korban.
Baca juga: PBNU Minta Polisi Usut Tuntas Motif Penyerangan Ustaz di Batam

Korban berhasil menepis serangan MA. Namun akibat kejadian itu, korban mengalami luka gores di leher dan luka sayat di jari kelingking sebelah kiri. Darah mengalir akibat sabetan senjata tajam yang dipakai pelaku MA. Sekitar 40 menit setelah kejadian, MA ditangkap di Desa Kandang Mbelang.

13 September 2020 – Syekh Ali Jaber di Bandar Lampung
Syekh Ali Jaber ditusuk saat sedang mengisi ceramah di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung, Minggu (13/9). Video detik-detik orang tak dikenal itu juga beredar di media sosial.

Dari video itu, Syekh Ali Jaber tampak sedang berada di atas panggung. Mendadak ada seorang pria naik ke atas panggung dan menusuk pendakwah tersebut. Para peserta ceramah langsung histeris.

23 Juli 2020 – Ustaz Yazid Umar Nasution di Pekanbaru
Seorang imam masjid di Pekanbaru, Yazid Umar Nasution tiba-tiba ditusuk oleh seorang pria berinisial IM. Penusukan itu terjadi setelah imam masjid itu melaksanakan salat Isya berjamaah di masjid.

Penyerangan itu terjadi di Masjid Al-Falah di Jl Sumatera, Kelurahan Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota, pada Kamis (23/7/2020). IM datang ke masjid masuk lewat pintu khusus di bagian ruang imam salat.

“Pada saat rakaat pertama, sempat terlihat ada seseorang akan masuk dan terlihat ada seseorang yang menarik. Tapi saat itu saya belum tahu kalau itu dia (IM),” kata Yazid dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (25/7/2020).

Seusai salat berjemaah, Yazid pun melanjutkan berdoa. Tiba-tiba ada sosok pria berkaus biru menyerangnya membabi buta dengan pisau. Serangan mendadak ini membuat Yazid kaget. Tusukan pertama yang dilayangkan IM langsung menggores dada Yazid.

Untuk kedua kalinya pelaku kembali menyerang imam masjid ini. Yazid menangkis tusukan itu dengan tendangan kakinya.(Detik/fey)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini