spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Terkait Kedatangan TK asal RRC, Kemehub: Pesawat Carter telah Diberhentikan sejak 5 Mei 2021

KNews.id- Baru-baru ini isu masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk ke Indonesia kembali menyeruak. Meskipun, pemerintah sudah melarang pesawat carter beroperasi pada larangan mudik periode 6-17 Mei 2021. Namun hal tersebut langsung dibantah okeh Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Menurut Adita, pesawat carter dari luar negeri sudah dilarang dan diberhentikan sejak 5 Mei 2021 lalu sehari sebelum larangan mudik diberlakukan.

“Pesawat carter yang membawa TKA dari luar negeri sudah diberhentikan sejak 5 mei 2021,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (17/6).

- Advertisement -

Penumpang atau TKA yang masuk ke Indonesia menggunakan pesawat reguler dari luar negeri. Para penumpang itu juga sudah mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan ditetapkan oleh pihak imigrasi.

“Yang ada adalah penumpang umum yg menggunakan pesawat reguler dr luar negeri, yang sdh mengikuti ketentuan imigrasi dan protokol kesehatan,” jelasnya.

- Advertisement -

Lagi pula tidak semua penumpang yang ada di dalam pesawat reguler dari luar negeri tersebut TKA asing. Karena ada juga Warga Negara Indonesia (WNI) pekerja maupun pelajar yang ada di luar negeri.

“Penumpang pesawat ini bisa WNI spt pekerja migran atau pelajar, diplomat, akademisi dan lain-lain,” ucapnya.

- Advertisement -

Sebagai informasi sebelumnya, Sebanyak 170 lebih warga negara China kembali datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Sabtu 15 Mei 2021. Video kedatangan mereka di Tanah Air viral di media sosial.

Dalam postingan akun Instagram @warung_jurnalis, Ahad (16/5), mereka diduga datang menggunakan pesawat carter China Southern CZ387. Beberapa di antara warga negara asing tersebut nampak menggunakan baju hazmat.

Dalam video yang tersebar dipostingan itu terlihat warga asal China mencolok di antara penumpang lainnya. Selain menggunakan baju hazmat lengkap warna putih, para penumpang berbondong-bondong menjalani pemeriksaan ketat, baik keimigrasian maupun pemeriksaan kesehatan di Bandara Soetta.

“Mereka menggunakan pesawat Carter dari Ghuangzho, padahal Menhub masih memberlakukan larangan penerbangan pesawat carter hingga 17 Mei 2021. Berdasarkan manifest terdapat 170 penumpang asal Cina diantaranya 158 warga negara China dan 12 orang warga negara Indonesia,” tulis caption video tersebut. (AHM/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini