spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Tergerus Pandemi Langsung, Menhub Memberi Tips Bertahan ke Operator Bus

KNews.id- Pandemi virus corona (Covid-19) nyatanya menggerus hampir seluruh bisnis transportasi darat seperti bus, bahkan permintaan layanan bus anjlok hingga 70 persen sepanjang pandemi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Ahad (14/3), di masa pandemi Covid-19 ini dituntut kreativitas melakukan edukasi kepada masyarakat. Misalnya saja dengan membuat konten-konten menarik di sosial media yang menarik perhatian generasi muda.

- Advertisement -

“Dengan sosial media, kita bisa terobos ruang lebar yg sempit untuk dituju yaitu generasi muda yg merupakan pasar besar untuk dorong menggunakan bus,” ujar dia dalam acara acara pembukaan Sumatera Roadshow 2021 With PerpalZ TV, di Jakarta, Ahad (14/3).

Dijelaskan Menhub, salah satu contohnya adalah ketika masyarakat akan bepergian dari Jakarta menuju Temanggung. Hanya transportasi bus saja yang bisa menjangkau secarar langsung.

- Advertisement -

Sementara jika menggunakan transportasi lainya seperti Kereta Api, masyarakat harus transit dahulu ke daerah lain seperti Solo atau Semarang. Apalagi jika fasilitas dan layanan yang disediakan seperti luxury, maka transportasi ini tidak akan kalah dengan udara maupun kereta.

“Di Temanggung dari Jakarta, kalau naik Kereta Api kan mesti ke Solo atau Semarang. Dengan bus ini kan point ke point,” ungkap dia.

- Advertisement -

Tanpa berpikir kreatif, ungkap Menhub, transportasi darat seperti bus akan semakin tergerus. Oleh karena itu, dirinya menyambut positif upaya-upaya kreatif yang dilakukan oleh stakeholder terkait untuk mempromosikan transportasi darat ini.

Termasuk misalnya adalah dengan satu gerakan kebangkitan transportasi darat dari pandemi dan kampanye keselamatan angkutan jalan. Dengan adanya gerakan ini diharapkan, pelaku usaha angkutan jalan dapat bangkit kembali setelah pada 2020 mengalami  penurunan penumpang.

“Saya mendukung gerakan ini, karena media sosial saat ini sangat baik untuk mempromosikan tentang transportasi darat, khususnya kepada para generasi muda,” pungkas dia.

Ketua Umum IPOMI Kurnia Lesani Adnan, yang menjadi pelopor gerakan, mengatakan bahwa kondisi pandemi berdampak langsung bagi industri angkutan jalan khususnya bus. Menurutnya, perlu ada upaya bersama untuk membangkitkan industri ini, dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini