spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Terdapat Pemborosan Keuangan Perencanaan Pembangunan di PT KAI Jalur Soeta!

KNews.id- Dalam rangka melengkapi persyaratan penetapan trase jalur kereta api Bandara Soekarno-Hatta yang melalui Pemerintahan Kota Tangerang, PT KAI menunjuk Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri Institut Teknologi Bandung (LAPI-ITB).

Penunjukan LAPI ITB diatur dalam perjanjian Nomor: HK.222/III/98/KA-2012 tentang Studi Kelayakan Finansial dan Teknis Pembangunan Jalur KA Jakarta – Bandara Soekarno Hatta via Tangerang. Perjanjian tersebut telah dilakukan tiga kali addendum dengan nilai total pekerjaan sebesar Rp5.042.155.375,00.

- Advertisement -

PT KAI melalui LAPI-ITB membuat studi kelayakan finansial dan teknis pembangunan jalur kereta api Bandara Soekarno-Hatta untuk trase yang melalui pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Studi kelayakan untuk trase yang melalui Pemerintahan Kota Tangerang tersebut disampaikan kepada Walikota Tangerang pada tanggal 21 Juni 2012.

Wali Kota Tangerang menyarankan rencana trase jalur kereta api agar berdampingan dengan rencana trase jalan tol JORR 2 ruas Kunciran – Batuceper – Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pemanfaatan ruang di sekitarnya dan proses pengadaan tanah dapat lebih optimal. Dengan adanya saran/penolakan dari Wali Kota Tangerang atas perijinan trase awal tersebut, PT KAI meminta LAPI-ITB untuk membuat kajian terhadap trase yang baru yaitu trase yang sejajar dengan tol JORR 2.

- Advertisement -

Atas kondisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa perencanaan awal berupa kajian trase melalui Pemerintahan Kota Tangerang yang telah dilakukan oleh LAPI-ITB sebesar Rp2.882.177.614,00 tidak dapat digunakan sebagai bahan untuk pekerjaan pembangunan jalur kereta api Bandara Soekarno-Hatta, karena kurang koordinasi antara bagian perencanaan PT KAI dan LAPI-ITB dengan Pemerintah Kota Tangerang terkait perizinan trase. (FT&Tim Investigator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini