spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Terbongkar Maksud Jokowi Menunjuk Eks Militer Menjadi Menteri Agraria!

KNews.id- Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto ditunjuk jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), eks anggota militer itu ditugasi urus lahan pembangunan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hadi Tjahjanto mengatakan dia ditunjuk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional untuk menuntaskan beberapa permasalahan. Hadi mengatakan bahwa dirinya diperintahkan Jokowi agar merampungkan 3 persoalan sekalius di bidang pertanahan.

Pertama tugas yang diberikan adalah mengenai target realisasi pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat. “Seperti yang tadi disampaikan Bapak Presiden (Jokowi), bahwa tugas saya yang pertama adalah menyelesaikan masalah sertifikat milik rakyat yang sampai saat ini sudah terealisasi sebanyak 81 juta,” kata Hadi seperti yang dikutip dari RMOL pada Rabu 15 Juni.

- Advertisement -

Hadi menerangkan bahwa presiden memiliki target untuk memberi sertifikat tanah rakyat sebanyak 126 juta sertifikat. Sementara itu, dia berkomitmen untuk memetakan sejumlah masalah yang ada untuk realisasi target tersebut bisa dicapai sebelum habis masa jabatan Jokowi.

“Tentunya berkoordinasi dengan instansi terkait. Supaya segera terealiasi untuk sertifikat milik rakyat tersebut,” tuturnya menerangkan.

- Advertisement -

Selain itu, kedua, Hadi ditugasi agar bisa menyelesaikan persoalan sengketa tanah di banyak daerah di Indonesia.

“Sengketa tanah itu kemungkinan overlapping antara milik institusi atau milik satuan lain dengan milik rakyat. Ini yang akan kita selesaikan,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sedangkan permasalahn ketiga, Hadi diminta membantu proses pengurusan lahan pembangunan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Ketiga adalah terkait dengan tanah di IKN seperti yang disampaikan tadi, itu akan kita segera selesaikan. Insya Allah dengan sinergi nantinya saya akan bekerja sama dengan instansi terkait dalam hal ini, dalam menyukseskan tiga masalah tersebut,” tandasnya.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita akan sampaikan target berapa hari, itu sudah bisa terealisasi,” tegas Hadi.

Beberpa pihak sempat mengungkapkan lahan IKN bermsalah dan disinyalir dibutuhkan ketegasan seorang mantan anggota militer atau TNI untuk menyelesaikannya. (AHM/trkn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini