spot_img
Jumat, April 12, 2024
spot_img

Terbongkar, Begini Ambisi Keluarga JK di IKN Baru

KNews – Terbongkar, begini ambisi keluarga JK di IKN baru. Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi kabar bahwa perusahaan milik mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla sudah memiliki rencana untuk melebarkan sayap bisnis di ibu kota negara (IKN) baru.

Padahal dunia internasional sedang menggemborkan kampanye bahwa sebuah bisnis harus mengedepankan etika publik.

- Advertisement -

“Sekarang di dunia itu diedarkan kampanye kewajiban mementingkan etis, bahkan itu dipromosikan melalui PBB melalui sebuah program yakni, para pebisnis dipersilakan lakukan perencanaan tapi dengan posisi etis yang kuat,” kata Rocky Gerung dalam saluran YouTube miliknya, dikutip Hops.id pada Kamis, 3 Februari 2022.

Sosok yang dikenal sebagai tokoh oposisi ini pun menyayangkan sikap Jusuf Kalla apabila terbukti benar memiliki ambisi bisnis di IKN baru.

- Advertisement -

“Nah ini pak Jusuf Kalla yang sedang kita minta jadi peneduh keadaan, kalau betul-betul terlihat, ambisi untuk berbisnis di ibu kota baru, tentu moralnya juga akan jatuh,” ujarnya.

“Meskipun dia sudah membantah bahwa posisinya sudah di luar persahaan, tapi sinyal moral itu datang dari Jusuf Kalla,” sambung Rocky.

- Advertisement -

Rocky lantas menyarankan agar niat bisnis perusahaan milik Jusuf Kalla itu diurungkan terlebih dahulu.

Terlebih, walaupun IKN baru punya potensi bisnis yang menguntungkan, namun kondisi negara saat ini masih gaduh soal nasib ibu kota.

“Kalau dia begitu, Jusuf Kalla kembali diingat sebagai orang yang konsisten dalam menegakkan moral bisnis maupun politik,” tandas Rocky Gerung.

Bisnis Keluarga Jusuf Kalla Lebarkan Sayap Bisnis ke IKN baru?

Sebagaimana diketahui, salah satu kelompok usaha terbesar di Indonesia Timur, KALLA Group berencana ekspansi bisnis properti dan otomotif di Kalimantan dalam rangka mendukung pembentukan Ibu Kota Negara (IKN).

“Bisnis properti akan kita kembangkan di Kalimantan, sebab tentu para ASN (Aparatur Sipil Negara) ini butuh rumah untuk pindah ke ibu kota negara yang baru,” ungkap President Director Kalla Group Solihin Jusuf Kalla pada jelang HUT ke 70 Kalla Grup, pada Rabu, 2 Februari 2022.

Tidak hanya properti, Kalla Grup juga akan mengembangkan bisnis otomotif di usia 70 tahun, ini merupakan pula wujud dalam mendukung IKN di Kalimantan Timur.

“Kita ada di Sumatera sampai Papua tapi masih terbatas, di umur 70 tahun ini akan lebih kita kembangkan bisnis otomotif termasuk ke Kalimantan nantinya untuk mendukung IKN, juga properti. Jadi kita masuk ke situ sebagai penyedia,” urai Solihin.

Lebih jauh, Solihin memaparkan bahwa Kalla Grup akan mengembangkan bisnis energi baru terbarukan (EBT) dengan target menyediakan hingga 2.000 MW.

Saat ini, Kalla Grup telah menyediakan energi EBT sebesar 600 MW yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air

“Mengenai SDM kita siap, apalagi 60 persen adalah milenial dan gen X 85 persen, semua sudah siap fight. Kita lebih focus ke energi dan otomotif,” ujar dia.

Terkait HUT Kalla Group ke 70 tahun, hingga kini KALLA terus aktif bersama dan maju bersama bangsa menumbuhkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan untuk Indonesia emas.

KALLA kini memasuki generasi keempat dengan kondisi unit bisnis yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Kalla Toyota, Kalla Kars, Kalla Transport & Logistics, Kalla Lines, PT. Bumi Karsa, Kalla Inti Karsa, Kalla Aspal, Kalla Beton, Baruga Arinusa Development, Sekolah Islam Athirah, Institut Teknologi & Bisnis Kalla, PLTA Poso Energy, Bumi Mineral Sulawesi dan Malea Hydropower.

“Tahun ini adalah tahun yang bersejarah buat Kalla Group. Insyaallah di Oktober nanti, usia Kalla Group sudah 70 tahun. Secara perusahaan, Kalla Group sudah matang dan berjalan sudah dari generasi ke generasi,” ungkap Solihin. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini