spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Terawan Mengundurkan Diri dari Pencalonan Dubes Spanyol

KNews.id- Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membenarkan kabar yang menyatakan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mundur dari pencalonan Duta Besar (Dubes) RI untuk Spanyol.

“Ya saya dengar memang Terawan mundur dari usulan Dubes Spanyol,” kata Dasco kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (21/5).

- Advertisement -

Namun, Dasco tidak mengetahui penyebab Terawan mundur dari pencalonan. Dia mengatakan itu merupakan hak pribadi. Dasco meminta pemerintah mencari penggantinya.

“Saya pikir itu hak beliau, dan mungkin pemerintah bisa segera mengisi usulan baru untuk menggantikan dokter Terawan yang mundur,” tandasnya.

- Advertisement -

Sebelumnya, DPR telah menerima surpres nama calon duta besar terbaru. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar saat rapat paripurna, Kamis (20/5). Namun tidak dijabarkan nama-nama calon dubes yang tertera dalam surat tersebut.

“Surat nomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021 perihal Permohonan Pertimbangan atas Pencalonan Duta Besar dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk Indonesia,” ungkap Muhaimin.

- Advertisement -

Muhaimin memastikan DPR akan menindaklanjuti surat-surat tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Terkait duta besar RI merupakan kewenangan Komisi I DPR.

Sebagai informasi, sebelum surat tertanggal 29 April 2021 ini, DPR sudah lebih dulu menerima surpres dengan perihal yang sama, yakni nama-nama calon dubes RI. Ada 31 nama calon dubes dalam surpres yang diterima DPR sebelum yang diungkapkan hari ini.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengkonfirmasi penerimaan surpres berisi 31 nama calon dubes itu pada 19 Februari 2021. Surat tersebut menjadi perhatian publik karena nama mantan Menkes Terawan Agus Putranto disebut-sebut tertera di dalamnya sebagai calon dubes.

“Ya (surpres berisi nama calon dubes) sudah diterima pimpinan DPR seminggu yang lalu,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2).

“Ada 31 duta besar yang namanya tercantum dalam surat tersebut. Saya nggak hafal nama-namanya,” imbuhnya.

Dari daftar nama yang beredar, Jumat (19/2), Terawan menjadi calon Dubes RI di Madrid, Spanyol. Selain nama Terawan, juga ada beberapa nama lainnya, seperti Rosan Roeslani dan Zuhairi Misrawi. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini