Program ini akan menjadi sarana awal penerapan sistem pemilahan sampah organik, anorganik, dan residu di kawasan The Telkom Hub, yang merupakan pusat operasional Telkom bersama berbagai tenant lainnya.
KNews.id – Jakarta, 30 September 2025 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan Kick Off Program Pengelolaan Sampah sebagai langkah nyata mendukung terciptanya lingkungan kerja yang bersih dan berkelanjutan dalam rangkaian acara Tenant Day yang diselenggarakan oleh Telkom Landmark Tower (TLT) selaku building management The Telkom Hub, Telkom Indonesia pada (25/9).
Tenant Day kali ini menghadirkan talkshow mengenai isu pengelolaan sampah dengan narasumber VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri, serta komunitas lingkungan Pandawara Group. Diskusi tersebut menyoroti tantangan dan peluang penerapan pemilahan sampah di kawasan perkantoran modern.
Pada agenda tersebut dilakukan penyerahan Segregated Waste Bin oleh VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri kepada Direktur Telkom Landmark Tower Suratman. Fasilitas ini akan menjadi sarana awal penerapan sistem pemilahan sampah organik, anorganik, dan residu di kawasan The Telkom Hub, yang merupakan pusat operasional Telkom bersama berbagai tenant lainnya.
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza, dalam sambutannya menyampaikan, “Kami berharap melalui acara ini, seluruh tenant di The Telkom Hub dapat berperan aktif dalam mengelola sampah. Kuncinya adalah perubahan mindset, dari sekadar membuang sampah menjadi memilah dan mengolah dengan bijak. Dibutuhkan growth mindset dari seluruh insan TelkomGroup agar budaya keberlanjutan benar-benar terinternalisasi.”
VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri menambahkan bahwa kolaborasi dengan TLT menjadi kunci keberhasilan program ini. “Inisiatif ini kami harap dapat menjadi pilot project di The Telkom Hub yang kemudian direplikasi di lokasi operasional lainnya. Dengan dukungan building management yang memfasilitasi, serta partisipasi aktif tenant, kita bisa menciptakan budaya keberlanjutan bersama,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Telkom Landmark Tower Suratman menegaskan komitmen TLT dalam mendukung program ini. “Tenant Day tahun ini tidak hanya mempererat kebersamaan tenant, tetapi juga menjadi momentum untuk mengajak semua pihak lebih peduli terhadap lingkungan. Sebagai building management, kami berkomitmen untuk terus memfasilitasi upaya pengelolaan lingkungan serta mendorong tenant agar konsisten dalam praktik pemilahan sampah,” katanya.
Langkah ini menjadi bagian dari kontribusi TelkomGroup dalam mendukung target Environmental, Social, and Governance (ESG), serta Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya terkait pengelolaan sampah dan pola konsumsi berkelanjutan.
(FHD/TLKM)