spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Tenaga Honorer Diangkat Jadi PPPK Tanpa Tes?

 

KNews.id – Tenaga honorer merupakan sebuah persoalan yang cukup kompleks. Ini sudah ada sejak lama. Persoalan mengenai tenaga honorer yang tak kunjung diberikan kepastian oleh pemerintah akhirnya bisa mendapatkannya sekarang.

- Advertisement -

Pemerintah telah memutuskan bahwa hal-hal terkait tenaga honorer harus segera diselesaikan. Ini bahkan sudah termaktub dalam undang-undang.

Tepatnya adalah UU ASN 2023. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemerintah harus menyelesaikan persoalan tenaga honorer selambat-lambatnya Desember tahun 2024.

- Advertisement -

Dengan begitu, maka kini pemerintah dengan serius membahas persoalan ini. Tenaga honorer rencananya akan diangkat menjadi PPPK. Beberapa waktu lalu pemerintah mengatakan bahwa semua tenaga honorer akan segera diangkat menjadi PPPK. Bahkan tes CASN pun disebut hanya formalitas.

Faktanya, memang semua tenaga honorer akan diangkat menjadi PPPK, namun Anda harus memahami beberapa ketentuannya.

- Advertisement -

Itu semua telah artikel ini rangkum dalam beberapa poin sebagai berikut:

1. Terdaftar di BKN

Tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PPPK harus sudah terdaftar secara resmi di database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal ini menjamin bahwa proses pengangkatan benar-benar mengangkat tenaga honorer asli dan bukan honorer titipan.

2. Tidak Bergantung pada Hasil Tes CASN

Pengangkatan menjadi PPPK tidak bergantung pada hasil tes Seleksi CASN. Artinya, baik lolos ataupun tidak lolos dalam tes CASN, tenaga honorer tetap memiliki kesempatan untuk diangkat menjadi PPPK.

3. Pembagian PPPK

PPPK terbagi menjadi dua golongan, yaitu paruh waktu dan penuh waktu. Tenaga honorer yang tidak lolos tes CASN akan diangkat sebagai PPPK paruh waktu.

4. Keuntungan PPPK Penuh Waktu

PPPK penuh waktu memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan paruh waktu. Ini termasuk hak-hak dan tunjangan yang lebih lengkap, serta stabilitas pekerjaan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, menjadi PPPK penuh waktu adalah pilihan yang diinginkan bagi banyak tenaga honorer. Disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik pada tes yang akan datang.

Demikian, itu tadi adalah penjelasan mengenai tenaga honorer diangkat PPPK tanpa tes serta beberapa hal lainnya.

(Zs/AB)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini