spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Telkom Siapkan Infrastruktur hingga 70 Gbps di Labuan Bajo Jelang KTT ASEAN

KNews.id- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah menyiapkan infrastruktur termasuk backup-nya serta layanan telekomunikasi guna memenuhi kebutuhan hingga lonjakan trafik selama KTT ASEAN 2023 berlangsung di Labuan Bajo.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko menyatakan bahwa secara umum Telkom telah melakukan pengamanan sistem komunikasi kabel laut, mempersiapkan BTS Telkomsel dengan coverage 4G dan 5G, serta peningkatan kapasitas bandwidth.

- Advertisement -

“Persiapan jaringan yang dilakukan dari sisi Telkom sudah diselesaikan namun masih memerlukan proses untuk integrasi dengan venue-venue krusial dalam penyelenggaraan ini, seperti venue utama, media center, dan lainnya,” ungkap Herlan, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (3/5).

Jika diperinci, TLKM menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui kabel optik laut, kabel optik darat, dan radio microwave dengan total kapasitas bandwidth 70 Gbps serta jalur yang beragam dan saling backup.

- Advertisement -

Baca Juga: Mitratel (MTEL) Punya 1.021 Menara dan 1.311 Penyewa Baru di Kuartal I-2023

Selain itu, terdapat 48 Base Transceiver Station baik 4G maupun 5G milik Telkomsel yang siap melayani lebih dari 70 ribu pengguna, 209 access point, dan 3 Satellite News Gathering (SNG).

- Advertisement -

Sementara untuk venue utama KTT ASEAN 2023 sendiri, lanjut Herlan, TLKM menyiapkan infrastruktur jaringan berkapasitas maksimal 2×10 Gbps. Keseluruhan layanan ini akan didukung oleh 300 personel baik di posko, area konferensi hingga lapangan untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama event akbar ini berlangsung.

Rencananya, KTT ASEAN ke-42 akan dihadiri 11 kepala negara dari semua anggota ASEAN dan negara sahabat. Delegasi yang menyertai para kepala negara diperkirakan mencapai 550 orang. (RZ/KTN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini