Telkom Siapkan Data Center Berbasis AI, Pertama di Dunia Pakai Liquid Cooling
2 mins read

Telkom Siapkan Data Center Berbasis AI, Pertama di Dunia Pakai Liquid Cooling

KNews.id – Batam – Berbeda dengan data center lainnya, Telkom sedang menyiapkan data center khusus seiring dengan semakin trennya artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Lokasi data center dengan infrastruktur AI ini berada di atas lahan seluas 25.405 meter persegi di Kabil Integrated Industrial Estate (KIIE) Batam berkapasitas ultimate 51 MW IT load.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, mengatakan keberadaan data center dengan infrastruktur AI ini akan membuka peluang baru bagi industri di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi canggih.

“Data center berbasis AI itu adalah data center yang memenuhi kriteria dari pemain GPU as a service maupun AI as a service. Jadi, desainnya itu sudah cukup berbeda dengan yang mungkin 2-3 tahun yang kita rencanakan. Perbedaannya cukup signifikan tak lain untuk mempersiapkan bahwa data center kita itu untuk AI,” ujar Bogi di Batam.

Sementara itu, CEO NeutraDC Andreuw Thonilus Albert, menjelaskan perbedaan data center umumnya dengan yang berbasis AI ini dapat dilihat dari fasilitas pendukungnya.

“Apa yang menjadi pembeda, yaitu ada dua hal. Pertama, pendinginan itu kan berubah total, pendinginan sudah liquid cooling sehingga desainnya pun berubah. Kedua, lantai itu kekuatannya berbeda, dulunya 1,2 ton sekarang kita menyiapkan sampai 2,5 ton. Itu yang kita lakukan perubahan,” tutur Andreuw.

Lebih lanjut, teknologi kecerdasan buatan lazimnya mengonsumsi energi listrik dan infrastruktur yang besar. Hal itu yang mendasari Telkom untuk menyesuaikan data center Batam ini dapat memenuhi kebutuhan AI.

“Memang kita lebih baik agak terlambat sedikit tapi bisa bertahan untuk 20 tahun ke depan, daripada cepat-cepat nanti ada perubahan di tengah jalan,” ungkapnya.

NeutraDC NXera Batam menggunakan liquid cooling yang akan membantu pendinginan ke bagian rak secara optimal. Sistem diketahui merupakan yang pertama di dunia.

Perusahaan data center PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak perusahaan Telkom, menargetkan pembangunan data center Batam akan rampung pada kuartal ketiga tahun 2025. Adapun, total investasi untuk fasilitas ini mencapai Rp 1,4 triliun.

(Zs/dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *