spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Telkom Memberi Modal 798 Menara Telekomunikasi kepada Mitratel

KNews.id- Telkom Indonesia memperkuat bisnis penyediaan menara telekomunikasi melalui anak usaha PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dengan penyertaan model berupa aset (inbreng) 798 menara telekomunikasi. Pada Senin (2/8), kesepakatan ditandai melalui penandatanganan Akta Inbreng dan Head of Agreement antara Telkom dan Miratel.

Digelar secara hybrid, kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya dan Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko secara fisik, sedangkan melalui video conference, hadir Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono dan Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko.

- Advertisement -

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya menyampaikan, pengalihan aset (inbreng) menara telekomunikasi yang dilakukan Telkom kepada Mitratel merupakan bagian dari penataan portofolio TelkomGroup, sekaligus menjadi bentuk komitmen Telkom menjadikan Mitratel sebagai vehicle dan pemain yang kuat, serta menguasai industri tower.

“Industri menara telekomunikasi ini merupakan industri yang sangat prospektif di tengah potensi perkembangan ekonomi digital Indonesia, ditambah pula masuknya teknologi generasi kelima. Dengan langkah ini, TelkomGroup percaya bahwa Mitratel mampu memperkokoh posisinya sebagai pemimpin industri menara telekomunikasi nasional dan memberikan value yang tinggi bagi perusahaan juga para stakeholder,” ungkap Budi.

- Advertisement -

Tak hanya sebagai upaya penataan portofolio, langkah inbreng menara ini juga merupakan strategi demi meningkatkan kapabilitas dari sisi aspek infrastruktur telekomunikasi. Budi menyebut, menara-menara yang dialihkan diketahui memiliki potensi kolokasi dan tenancy ratio di atas rata-rata industri, dilengkapi struktur kokoh dan jangkauan hingga seluruh Indonesia. Budi menilai, inbreng ini dapat menjadi modal kuat bagi bisnis menara Mitratel mendatang.

“Bisnis menara telekomunikasi merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, mengingat hingga saat ini operator telekomunikasi akan terus berekspansi dalam meningkatkan kualitas jaringan dan memperluas jangkauan layanannya, sehingga kami meyakini bisnis menara telekomunikasi masih akan mencatatkan kinerja positif,” ujar Budi.

- Advertisement -

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko memaparkan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung penataan portofoilio TelkomGroup melalui aksi korporasi tersebut.

“Ke depan, Mitratel berkomitmen untuk mengelola dengan baik aset dan bisnis menara tersebut demi memberikan value terbaik bagi para pemegang saham,” katanya.

Menyusul transaksi pengalihan aset 798 menara ini, Mitratel memiliki lebih dari 24 ribu menara telekomunikasi. Hal ini menjadi langkah TelkomGroup melalui Mitratel untuk mendukung perwujudan value creation demi mengukuhkan diri sebagai pemain nomor satu di industri menara telekomunikasi Indonesia. (Ade/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini