spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Telkom Berikan Dukungan Penyiapan Infrastruktur Telekomunikasi di IKN Baru

KNews – Telkom berikan dukungan penyiapan infrastruktur telekomunikasi di IKN baru. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom siap menyediakan infrastruktur telekomunikasi yang mumpuni di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono menyampaikan, Telkom berkomitmen mendukung program pemerintah dalam pembangunan IKN Nusantara.

- Advertisement -

“Dukungan tersebut mencakup penyediaan konektivitas, platform, hingga layanan digital,” ujar dia, Jumat (23/1).

Sejauh ini, Pulau Kalimantan sudah ter-cover oleh jaringan fiber optik Telkom 100% dengan panjang jaringan lebih dari 9.700 kilometer (km) yang mencakup 56 ibu kota kabupaten (IKK), termasuk IKN. Selain itu, Kalimantan juga telah memiliki layanan fixed dan mobile broadband dari Telkom.

- Advertisement -

Capaian tersebut menjadi langkah awal yang baik untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan layanan Telkom di IKN, terutama dalam hal peningkatan kapasitas dan jangkauan area jaringan.

Dengan konektivitas yang tersedia, kemudian dilengkapi dengan platform data cen

- Advertisement -

“Posisi geografis IKN yang dekat dengan jalur infrastruktur kabel laut International Global Gateway (IGG) juga membuat IKN menjadi lebih muda terhubung menuju akses data internasional,” tandas Pujo.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN baru berdasarkan masterplan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Nantinya, IKN akan tersedia teknologi 5G untuk mendukung layanan publik dan smart city di IKN.

Kementerian Kominfo lewat BAKTI Kominfo juga akan membangun Palapa Ring integrasi di tahun 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di wilayah Indonesia, termasuk di IKN baru dengan menghubungkan jalur eksisting Palapa Ring tengah ke titik IKN baru melalui jalur kota Balikpapan. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini