spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Tel Aviv ‘Terbakar’ Demo Terbesar Anti-pemerintah Israel Sejak 7 Oktober, Serukan Bebaskan Sandera

 

KNews.id – Tel Aviv terbakar, Protes anti-pemerintah terbesar di Israel sejak 7 Oktober, menyerukan agar Benjamin Netanyahu berbuat lebih banyak untuk membebaskan para sandera . Protes yang menyerukan kesepakatan pertukaran Gaza dan pemilu segera dipercepat terus melanda Israel.

- Advertisement -

Para pengunjuk rasa mengatakan Perdana Menteri Netanyahu tidak berusaha membebaskan para tawanan yang ditahan di Gaza dan malah ingin melanjutkan perang.

Puluhan ribu warga Israel turun ke jalan sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan Netanyahu pada malam tanggal 6 April.

- Advertisement -

Mereka menyerukan pemilihan umum dini dan menuntut kesepakatan segera untuk menjamin pembebasan 133 tawanan yang masih ditahan oleh Hamas di Gaza, Haaretz melaporkan.

Protes terjadi di beberapa kota Israel, termasuk Tel Aviv, Yerusalem, Be’er Sheva, Haifa, dan Kaisarea, dan diikuti oleh anggota keluarga para tawanan. Protes terbesar terjadi di Tel Aviv, di mana para pengunjuk rasa menyalakan api dan bentrok dengan polisi, yang mengakibatkan satu orang ditangkap. Seorang petugas wanita dipukul wajahnya.

- Advertisement -

Para pengunjuk rasa meneriakkan, “Polisi, polisi, siapa sebenarnya yang Anda jaga,” dan “Ben-Gvir adalah teroris,” merujuk pada Itamar Ben Gvir, Menteri Keamanan Nasional yang menentang kesepakatan dengan Hamas untuk mencapai gencatan senjata dan membebaskan warga tawanan Israel.

Lima pengunjuk rasa ditabrak oleh seorang pengemudi yang menolak mematuhi perintah polisi saat menghadapi pengunjuk rasa. Para pengunjuk rasa yang terluka dibawa ke rumah sakit.

Omri Shifroni, kerabat dari si kembar berusia 12 tahun Liel dan Yanai Hetzroni, yang terbunuh oleh tembakan tank Israel pada tanggal 7 Oktober, mengarahkan ucapannya kepada Perdana Menteri Netanyahu:

“Saudaramu [Yoni] memberikan nyawanya untuk menyelamatkan sandera di Entebbe …itu akan selalu menjadi warisannya. Dan bagaimana denganmu, Bibi? Apa yang telah kamu lakukan? Apa yang akan menjadi warisanmu?…hanya putaran politik, perpecahan…itu akan menjadi warisanmu,” katanya.

Di Yerusalem, Sharon Sharabi, yang saudara laki-lakinya Yossi ditawan oleh Hamas tetapi terbunuh dalam serangan udara Israel di Gaza dan saudara laki-laki lainnya Eli masih ditawan, mengatakan bahwa perjanjian antara negara dan warganya dilanggar pada 7 Oktober. tidak peduli apakah mereka beragama atau sekuler, sayap kanan atau kiri, Ashkenazi atau Sephardi.

Di Kaisarea, ratusan demonstran berkumpul untuk berbaris menuju rumah pribadi Perdana Menteri Netanyahu.

Mantan Kepala Mossad Danny Yatom mengatakan selama demonstrasi bahwa Netanyahu berusaha untuk menjaga perang di Gaza tetap berjalan karena menurutnya, selama senjata masih bergemuruh, akan lebih mudah baginya untuk membubarkan persidangan pidananya, dan bahwa membebaskan para tawanan bukanlah prioritas perdana menteri.

Sebelum protes Kaisarea, polisi Israel membagikan brosur kepada para demonstran yang berisi ancaman bahwa pertemuan terlarang yang mulai melakukan tujuannya untuk melanggar perdamaian dengan tujuan meneror masyarakat, adalah kerusuhan, dan peserta kerusuhan tersebut akan dihukum hingga dua tahun penjara.

Dalam protes di Haifa, mantan ketua Shin Bet Ami Ayalon mengatakan bahwa kampanye militer di Gaza telah mencapai batasnya.

“Tentara kami terpaksa menduduki kembali tempat-tempat yang diduduki beberapa minggu lalu dan menjadi pasukan polisi bagi masyarakat yang penuh amarah dan kebencian,” tambahnya.

Adina Moshe, yang ditawan oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober tetapi dibebaskan setelah kesepakatan gencatan senjata sementara pada bulan November, mengatakan kepada demonstran di Kiryat Gat bahwa Netanyahu bertanggung jawab atas kematian para tawanan. Dia mengarahkan komentarnya kepada Netanyahu, dengan mengatakan:

“Saya ingin Anda tahu bahwa jika mereka tidak kembali, maka darah mereka ada di tangan Anda. Anda mengkhianati kami, sebuah pengkhianatan yang lebih mengerikan dari apa pun dalam sejarah, Anda akan tetap bersalah selamanya. ”

Berbicara pada konferensi pers menjelang demonstrasi, Yael Or, keponakan Dror Or yang ditawan, menyalahkan pemerintah karena gagal mencapai kesepakatan.

“Netanyahu terus menggagalkan kesepakatan pembebasan para sandera saat mereka meninggal di penangkaran,” katanya.

Yael Or juga menyinggung kasus Elad Katzir, seorang tawanan yang jenazahnya ditemukan tentara Israel dari Gaza tadi malam.

“Dia bisa diselamatkan jika kesepakatan terjadi tepat waktu, tapi kepemimpinan kita pengecut… Perdana Menteri, kabinet perang, dan kepala koalisi, lihat ke cermin dan lihat darah ada di tangan Anda,” Atau dikatakan.

Pemerintah Israel mengklaim Elad Katzir dibunuh oleh anggota Jihad Islam Palestina (PIJ), yang menahannya di Gaza. Namun, New York Times melaporkan bahwa klaim militer Israel tidak dapat diverifikasi secara independen.
Serangan udara dan artileri Israel telah menewaskan beberapa tawanan lainnya.

Einav Zangauke, yang putranya Matan masih ditawan di Gaza, juga menuduh perdana menteri sengaja menghalangi kesepakatan untuk membebaskan para tawanan.

Dia mengimbau para pesaing Netanyahu di kabinet perang, yaitu Menteri Benny Gantz, Gadi Eisenkot, dan Yoav Gallant, untuk membantu mereka untuk segera menggantikannya, “Dia berdiri di antara kami dan orang-orang yang kami cintai di Gaza. Ambil tindakan dan gantikan dia sekarang.”

Demo Terjadi Serentak di 50 Lokasi

Media lokal melaporkan demonstrasi terjadi di 50 lokasi di seluruh negeri di tengah kemarahan terhadap pemerintahan Netanyahu. Ribuan warga Israel memprotes pemerintah dan mendesak adanya kesepakatan gencatan senjata.

Ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah Israel berkumpul di Tel Aviv, di antara wilayah lain di negara itu, untuk menyerukan kepada pemerintah agar mencapai kesepakatan guna membebaskan puluhan tawanan yang ditahan oleh kelompok Hamas di Gaza dan mengadakan pemilihan umum dini.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan pada Sabtu malam, mengungkapkan kemarahan terhadap pemerintah Benjamin Netanyahu karena ketidakmampuannya menjamin pembebasan para tawanan setelah enam bulan pertempuran.

Media Israel melaporkan adegan konfrontasi antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa di Tel Aviv, di mana para demonstran dilaporkan melancarkan beberapa kali kebakaran, sebelum segera dipadamkan oleh polisi.

Orang-orang meneriakkan “Polisi, polisi siapa sebenarnya yang Anda jaga?”, dan “Ben-Gvir adalah teroris”, merujuk pada menteri keamanan nasional Israel, lapor surat kabar Haaretz.

Penyelenggara protes yang dikutip oleh media lokal mengatakan demonstrasi terjadi di sekitar 50 lokasi lain di seluruh negeri selain Tel Aviv. Protes pada hari Sabtu seperti ini telah menjadi kejadian biasa di Tel Aviv dan wilayah lain di negara itu, sejak bulan-bulan awal perang yang dimulai pada tanggal 7 Oktober.

Demonstrasi terbaru terjadi ketika perundingan gencatan senjata – yang mencakup diskusi tentang pembebasan para tawanan – akan berlangsung di Kairo. Pembicaraan tersebut dimediasi oleh Qatar, Mesir dan Amerika Serikat.

Dua Kekuatan Unjuk Rasa Berbeda Bergabung

Imran Khan dari Al Jazeera, melaporkan dari Tel Aviv, mengatakan bahwa dua aksi unjuk rasa yang berbeda telah digabungkan pada hari Sabtu, dan banyaknya jumlah pengunjuk rasa kemungkinan akan memberikan banyak tekanan pada Netanyahu.

“Kampanye ‘Bawa Mereka Pulang’ kini bergabung dengan pengunjuk rasa anti-pemerintah,” katanya.

“Yang pertama adalah kelompok advokasi para sandera. Selama enam bulan, mereka menuntut perdana menteri untuk membebaskan tahanan politik Palestina dan mengembalikan para sandera.

“Sekarang, mereka bilang cukup sudah. Sudah enam bulan berlalu dan tidak ada yang terjadi untuk mengeluarkan sebagian besar orang,” tambah koresponden kami.

“Semua pidato yang kami dengar malam ini memiliki dua pesan utama: Netanyahu gagal dan para sandera harus pulang sekarang.”

Penyelenggara protes antipemerintah di Tel Aviv mengatakan bahwa 100.000 orang berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut, menurut media Israel.

Israel menyatakan perang terhadap Gaza setelah Hamas melancarkan serangan mematikan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menawan lebih dari 200 orang. Lebih dari 100 orang telah dibebaskan, tetapi yang lain masih ditawan di Gaza. Netanyahu melancarkan perang tanpa henti Israel di Gaza setelah serangan Hamas.

Dalam enam bulan terakhir, setidaknya 33,137 warga Palestina telah terbunuh dan 75,815 terluka dalam serangan Israel di Jalur Gaza – dengan kelaparan dan kelaparan dilaporkan khususnya di bagian utara wilayah kantong tersebut karena kurangnya akses bantuan internasional.

Israel mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan khususnya telah menemukan jenazah seorang tawanan yang terbunuh di Gaza.

Putaran baru perundingan gencatan senjata tidak langsung diperkirakan akan dimulai di Kairo pada hari Minggu. Direktur CIA Bill Burns akan menghadiri pembicaraan tersebut bersama rekannya dari Mesir. Perwakilan dari Hamas juga akan hadir, kata kelompok itu pada hari Sabtu. Pihak Israel belum mengatakan apakah mereka akan mengirim delegasi ke perundingan tersebut.

Ribuan orang melakukan protes di kota-kota Israel untuk mengutuk Netanyahu karena gagal memulihkan sandera Demonstrasi tersebut terjadi di sekitar 50 lokasi di seluruh Israel dan terjadi hanya beberapa jam setelah IDF mengembalikan jenazah sandera Elad Katzir ke Israel.

Puluhan ribu orang di Tel Aviv dan ribuan lainnya di kota-kota Israel lainnya berdemonstrasi menentang Benjamin Netanyahu pada hari Sabtu dan ketidakmampuan pemerintahnya membebaskan sekitar 130 sandera yang masih berada di Gaza.

Perkiraan menyebutkan jumlah demonstran mencapai 100.000 orang di Tel Aviv dan puluhan ribu lainnya di sekitar 50 lokasi lain di seluruh Israel. Unjuk rasa tersebut menyusul pemulihan dan pengembalian jenazah sandera Elad Katzir ke Israel pada hari sebelumnya.

Para pengunjuk rasa dilaporkan meneriakkan “Elad, kami minta maaf” dan “pemilu sekarang”.

Media Israel melaporkan konfrontasi antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa di Tel Aviv setelah kebakaran terjadi, yang menyebabkan polisi membubarkan massa secara paksa.

Haaretz melaporkan bahwa orang-orang juga meneriakkan, “Polisi, polisi siapa sebenarnya yang Anda jaga?” dan “Ben-Gvir adalah seorang teroris”, mengacu pada menteri keamanan nasional Israel.

Sebuah mobil menabrak kerumunan orang di Tel Aviv, melukai lima orang. Polisi telah menahan pengemudi tersebut untuk diinterogasi sementara pihak berwenang menyelidiki motifnya dan motif penumpang tersebut, i24 News Israel melaporkan.

Para pemimpin politik Israel mengecam serangan yang tampaknya sangat keras itu, dan Benny Gantz menyebutnya “mengerikan”. Demonstrasi tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian protes besar anti-pemerintah yang menuntut Netanyahu mundur.

Hal ini terjadi ketika perundingan gencatan senjata akan dimulai kembali di Kairo, dimediasi oleh Qatar, Mesir dan Amerika Serikat. Israel konon belum memutuskan apakah akan hadir atau tidak, dengan alasan bahwa acara tersebut kemungkinan besar “lebih merupakan teater politik daripada kemajuan sebenarnya.”

Direktur CIA Bill Burns akan menghadiri pembicaraan tersebut bersama mitranya dari Mesir, serta perwakilan dari Hamas.

(Zs/Trbn)

 

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini