spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Targetkan Segmen UMKM, BNI Andalkan Bisnis KUR dan Xpora

KNews – Targetkan segmen UMKM, BNI andalkan bisnis KUR dan Xpora. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengoptimalkan penyaluran kredit ke sektor UMKM di 2022.

Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom menyatakan penyaluran kredit masih tumbuh secara positif pada awal tahun ini.

- Advertisement -

Hal ini tentunya tidak lepas dari pelaku UMKM yang mulai mengalami permintaan baik untuk optimalisasi kapasitas produksi maupun investasi yang di masa pemulihan ekonomi 2022.

“BNI memiliki target untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan porsi pembiayaan UMKM, kami utamanya memprioritaskan pada sektor penyaluran KUR guna meringankan beban bunga pinjaman pelaku UMKM. Hal ini sejalan dengan alokasi kuota KUR BNI tahun ini tumbuh 22% mencapai Rp 38 triliun,” ujarnya kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.

- Advertisement -

Lanjutnya, upaya memacu pertumbuhan kredit UMKM guna membantu upaya ekspansi pelaku UMKM pasca diterpa badai pandemi dan mendukung pelaku UMKM Go Ekspor melalui salah satu program unggulan BNI Xpora. Asal tahu saja, Perbankan tancap gas menyalurkan kredit UMKM pada awal tahun.

Data Bank Indonesia menunjukkan penyaluran kredit ke segmen ini tumbuh 13,3% year on year (yoy) menjadi Rp 1.140,6 triliun pada Januari 2022.

- Advertisement -

Kinerja kredit UMKM ditopang oleh segmen mikro yang tumbuh 73,2% yoy menjadi Rp 374,6 triliun. Sedangkan berdasarkan jenis penggunaannya ditopang oleh pertumbuhan kredit modal kerja yang tumbuh 18,7% yoy menjadi Rp 877,3 triliun. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini