spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Tantangan Ekonomi Pemerintah Baru Berat

 

KNews.id – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan tantangan ekonomi Indonesia ke depan masih akan berat. Untuk itu dia mewanti-wanti pentingnya penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

- Advertisement -

“Penting sekali APBN ke depan, tantangan kita besar sekali ke depan, jadi APBN ini bagaimana sentuhan-sentuhan dari setiap pos penting sekali,” kata Arsjad saat bertamu di open house Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Jakarta.

Arsjad mengatakan APBN harus bisa menggairahkan ekonomi dalam negeri. Menurut dia, banyak negara-negara maju saat ini ekonominya sedang melemah. Karena itu, negara-negara tersebut berlomba-lomba mengekspor produknya ke Indonesia.

- Advertisement -

“Banyak negara maju dan negara di luar dan negara Asia berkapasitas besar sekarang karena ekonomi menurun mau gak mau mereka melempar, melempar ke mana? Indonesia,” kata Arsjad yang juga Ketua TPN Ganjar-Mahfud. “Indonesia itu pasar yang besar sekali. Di sisi ini kita gak boleh diam-diam saja,” lanjut dia.

Dia mengatakan pemerintah harus mampu menghambat produk luar membanjiri RI. Menurut dia, bila tidak maka akan berdampak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

- Advertisement -

“Kita harus menjaga jangan sampai produk-produk luar masuk ke sini dan membanjiri produk Indonesia yang akhirnya berdampak terhadap UMKM. Itu yang jadi hal utama harus dijaga,” kata dia.

Selain itu, Arsjad mengingatkan bahwa tantangan ekonomi dunia ke depannya akan sangat berat. Dia bilang pemerintah harus bisa menerapkan kebijakan yang pro industri dalam negeri.

“Tantangan di dunia ini sangat berat, jadi memang ini menjadi suatu tantangan bagaimana memastikan apa yang harus dibuat, insentif atau bagaimana supaya ekonomi kita naik dan lebih baik lagi,” kata dia.

(Zs/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini