spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Taliban Tunjukkan Pasukan Khusus di Bandara Kabul: Ini Pelajaran untuk Dunia

KNews.id- Taliban, penguasaAfghanistansaat ini, menunjukkan korps pasukan khususnya berlatih di lapangan Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul. Kelompok mengatakan hengkangnya pasukanAmerika Serikat(AS) menjadi pelajaran bagi dunia.

Pasukan khusus Taliban yang diberi nama Pasukan Badri 313 terlihat berlatih di lapangan bandara sementara milisi lainnya mengobrak-abrik hanggar yang penuh dengan peralatan yang dibuang dan helikopter yang ditinggalkan Amerika.

- Advertisement -

Salah seorang milisi Taliban difoto berpose di jet tempur yang ditinggalkan Amerika. Foto itu muncul saat citra satelit menunjukkan “harta karun” pesawat yang ditinggalkan oleh AS di Kabul.

Foto lainnya memperlihatkan seorang milisi duduk tersenyum di kokpit helikopter dan ada juga milisi yang menaiki kap Humvee Angkatan Udara AS saat mereka berjalan mondar-mandir di bandara beberapa jam setelah pasukan Washington akhirnya meninggalkan Afghanistan.

- Advertisement -

“Ini harus menjadi pelajaran bagi dunia,” kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid saat mengomentari mundurnya pasukan Barat dari Afghanistan.

“Selamat untuk Afghanistan…kemenangan ini milik kita semua,” katanya dari bandara Kabul, kemarin pagi, seperti dilansir Express, Rabu (1/9).

- Advertisement -

“Ini adalah hari bersejarah dan momen bersejarah. Kami bangga dengan momen-momen ini, bahwa kami membebaskan negara kami dari kekuatan besar,” ujarnya.

AS kemungkinan besar telah meninggalkan peralatan militer senilai jutaan dollar karena terburu-buru meninggalkan Kabul.

Namun, komandan Komando Pusat (CENTCOM) AS Jenderal Marinir Kenneth McKenzie mengeklaim bahwa beberapa peralatan itu telah “dimiliterisasi”, yang membuatnya tidak dapat dioperasikan.

Sementara itu, para milisi Taliban terus merayakan hengkangnya pasukan AS dan sekutu NATO-nya dengan menembakkan senjata dan kembang api ke langit di atas Kabul.

Pentagon mengonfirmasi bahwa pesawat terakhir telah meninggalkan negara itu pada Senin malam tepat sebelum tengah malam waktu setempat, menandakan berakhirnya perang terpanjang Amerika yang hampir 20 tahun. (AHM/sndw)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini