spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Taliban: Selamat HUT ke-76 RI, Kemenangan Kami Seperti Indonesia!

KNews.id- Keberhasilan Taliban merebut Afghanistan dianggap sama seperti perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah dan kolonial di masa silam. Melalui juru bicaranya, Taliban pun mengucapkan selamat HUT RI ke-76 untuk bangsa Indonesia. Taliban mengirim pesan ke dunia, semua warga asing yang berada di Afghanistan akan dilindungi, jadi jangan khawatir dong.

Juru bicara Taliban, Suhail Shaheen mengatakan keberhasilan Taliban merebut Afghanistan mirip dengan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari kolonial Belanda dan lainnya di masa lalu.

- Advertisement -
Taliban. Foto: AFP.

“Kemenangan kami terhadap Amerika Serikat seperti keberhasilan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah,” ujar Jubir Taliban itu dikutip dari Suara.com, jaringan Hops.id, Selasa 17 Agustus 2021.

Selain mengucapkan HUT RI ke-76, Jubir Taliban itu mengatakan semua warga asing akan dijamin perlindungannya. Warga Negara Indonesia pun demikian. Malahan Taliban akan membantu mengevakuasi WNA kalau memang ingin keluar dari Afghanistan.

- Advertisement -

Sebelumnya hubungan Afghanistan dengan Indonesia berjalan dengan baik. tak heran dulu Wakil Presiden Jusuf Kalla diminta oleh pemerintah Afghanistan untuk menjadi mediator konflik dengan kelompok Taliban.

Jusuf Kalla saat kunjungan Afghanistan Foto: Antara

Indonesia dipandang telah punya pengalaman menyelesaikan beberapa konflik golongan di Tanah Air. Kala itu Jusuf Kalla sampai gantian menjamu perwakilan Taliban di Jakarta untuk mendiskusikan soal perdamaian di Afghanistan.

- Advertisement -

Jusuf Kalla dan Presiden Jokowi secara bergantian berkunjung ke Afghanistan bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani untuk membicarakan perdamaian dan hubungan bilateral kedua negara. (Ade/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini