spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Tak terdapat Sengketa Wilayah, Rusia Menyikapi Dingin Finlandia dan Swedia yang Bergabung dengan NATO!

KNews.id- Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengungkapkan perbedaan sikap Rusia yang lebih mencemaskan Ukraina daripada Finlandia dan Swedia, atas keinginan negara-negara itu bergabung ke dalam aliansi NATO.

Dmitry Peskov menjelaskan bahwa Rusia tidak memiliki sengketa wilayah dengan Finlandia dan Swedia, di mana kedua negara itu secara resmi mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka ingin bergabung dengan blok militer pimpinan AS.

- Advertisement -

“Kami tidak memiliki sengketa teritorial dengan Finlandia atau Swedia. Sedangkan Rusia dan Ukraina memiliki sengketa wilayah yang akan membawa risiko besar bagi seluruh benua,” kata Peskov kepada wartawan, Senin (17/5).

Dia merujuk pada situasi di sekitar Krimea, yang sebagian besar memilih untuk berpisah dengan Ukraina dan menjadi bagian dari Rusia melaui referendum pada tahun 2014.

- Advertisement -

“Memastikan Ukraina menjadi negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan NATO telah dikutip oleh Moskow sebagai salah satu alasan utama untuk operasi militer yang sedang berlangsung di negara itu.” tegas Dmitry Peskov.

Tetapi Moskow masih memantau kemungkinan perluasan NATO, dengan seksama, untuk mengevaluasi konsekuensinya bagi keamanan nasional Rusia,” juru bicara itu menambahkan.

- Advertisement -

“Kami tidak yakin bahwa masuknya Swedia dan Finlandia [yang berbagi perbatasan darat 1.340 kilometer (832 mil) dengan Rusia] akan entah bagaimana memperkuat dan meningkatkan arsitektur keamanan di benua kami,” kata Peskov.

Swedia dan Finlandia tetap berada di luar blok pimpinan AS selama Perang Dingin, tetapi pemerintah mereka sekarang mengklaim bahwa konflik di Ukraina telah menjadi pengubah kebijakan bagi mereka. (AHM/intpws24)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini