spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Tak Disangka, Ternyata Ini Gurita Bisnis dan Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto!

KNews.id- Mungkin publik tak banyak mengenal sosok Darma Mangkuluhur Hutomo, salah satu anak muda yang sukses di usianya yang baru menginjak 24 tahun.

Darma Mangkuluhur adalah anak Tommy Soeharto dari Istri Tata Cahyani. Setelah Tommy dan Tata Cahyani bercerai, Darma Mangkuluhur sempat terpisah selama beberapa tahun dari Tommy.

- Advertisement -

Dilansir dari tayangan youtube Polemik dengan judul “Jarang Terekspos, Ternyata Ini Gurita Bisnis dan Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto,” yang diunggah pada 21 April 2023.

Setelah menamatkan pendidikan SMA-nya di Overseas Family School pada tahun 2016, Darma kemudian melanjutkan pendidikan ke EU Business School, Barcelona, Spanyol.

- Advertisement -

Tahun 2019, kedua orang tuanya, yakni Tommy Soeharto dan Tata Cahyani hadir dalam acara kelulusan Darma Mangkuluhur.

Darma Mangkuluhur selalu mendapat dukungan sang ayah baik dunia pendidikan atau hobi. Sebagai pembalap, Tommy Soeharto nyaris tak pernah absen mendampingi Darma sejak masih berusia 6 tahun.

- Advertisement -

Pada tahun 2008 lalu, Darma Mangkuluhur sudah diikutkan pada team Humpuss Junior Racing Team, yang bernaung di bawah Humpuss Grup.

Perusahaan konglomerat yang bergerak di berbagai sektor bisnis, mulai dari properti, finansial, bahan bakar, hingga transportasi.

Berkat dukungan ini, Darma Mangkuluhur bisa mencicipi persaingan di berbagai kompetisi balap tingkat nasional, hingga tingkat dunia.

Darma pernah ikut dalam beberapa ajang balapan tingkat dunia seperti, Asia Cutting Open Championsip 2012, Asia Formula Renault 2.0, Enduro Race (2013), 6 seri Asia Cup Formula Master (2014), Asia Formula Renault (2015), dan Balapan Nascar Renault Clio (2015) di China.

Karir Darma Mangkuluhur bisa dibilang cemerlang sebagai pangeran Cendana. Dari berbagai kompetisi, Darma Mangkuluhur berhasil menorehkan beberapa prestasi kejuaraan, seperti menjadi kampiun pertama dalam ajang Asia Open Cutting Championsip 2012.

Berikut adalah gurita bisnis dan kekayaan Darma Mangkuluhur yang jarang terekpos sebagai pangeran cendana:

1. Komisaris PT Wisma Purnayudha Putra
PT Wisma Yudha Putra adalah salah satu perusahaan properti yang dikelola oleh Tommy Soeharto. Darma Mangkuluhur dipercaya sebagai komisaris di PT Wisma Purnayudha Putra. Perusahaan milik Tommy Soeharto tersebut menjual gedung, hotel, dan apartemen.

Salah satu proyek PT Wisma Purnayudha Putra adalah Mangkuluhur City di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, yang terinspirasi dari nama belakang Darma Mangkuluhur sendiri.

Saat dirinya masih duduk di bangku kuliah, Darma diketahui harus pulang-pergi antara Barcelona-Indonesia. Bukan tanpa alasan, Darma Mangkuluhur dipercaya mengurus berbagai proyek di perusahaan Tommy Soeharto seperti pembangunan rumah murah yang bersinergi dengan pengusaha asal Dubai, Uni Emirat Arab.

2. Presiden Humpuss Land
Humpuss Land adalah anak perusahaan dari Humpuss Grup. Humpuss Grup adalah holding company yang bertujuan mengontrol dan memprediksi usaha grup dari Humpuss Grup.

3. Lounge In The Sky Jakarta
Lounge in The Sky resmi dibuka pada April 2022 lalu dengan fasilitas dining restoran pertama di Indonesia yang berada di atas ketinggian 50 meter.

Darma Mangkuluhur membuka restoran Lounge in The Sky (LITS) dengan konsep mewah dengan pemandangan city light Jakarta. Lounge in The Sky merupakan proyek dari Humpuss Land yang berkolaborasi dengan DITS Asia.

Darma Mangkuluhur sendiri dipercaya menjabat sebagai Presiden Humpuss Land. Untuk menikmati sensasi dinner di Lounge in the Sky yang dikenal dengan sebutan ‘Restoran Melayang’, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp1,6 juta hingga Rp3,7 juta.

4. Boca Rica Tapas Bar & Lounge
Restoran bergaya Spanyol ini didirikan sebelum Lounge in The Sky, Darma Mangkuluhur lebih dulu mendirikan Boca Rica Tapas Bar & Lounge.

Restoran bergaya Spanyol tersebut dibuka saat Darma Mangkuluhur baru menyelesaikan pendidikan S1 di EU Business School, Barcelona, Spanyol. Boca Rica Tapas Bar & Lounge menyajikan menu hidangan spesial ala Spanyol yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dengan citarasa makanan pedas. (RZ/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini