spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Tahun Depan, Pengajuan Kredit di BTN Cuma Membutuh Waktu Sehari!

KNews.id- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menargetkan bisa mempercepat persetujuan (approval) pengajuan kredit debitor menjadi hanya butuh satu hari mulai 2022. Hal ini dapat diwujudkan sejalan dengan implementasi credit scoring menggunakan teknologi informasi.

Direktur Risk Management and Transformation BTN Setiyo Wibowo mengatakan, implementasi teknologi credit scoring telah mempercepat proses pengajuan kredit yang saat ini sudah bisa dilakukan persetujuan dalam waktu 2-3 hari setelah semua dokumen persyaratan pengajuan kredit dilengkapi. Sebelumnya proses pengajuan kredit berlangsung selama 7-8 hari.

- Advertisement -

“Saat ini proses bisnis sudah 50 persen digital, biro kredit sudah pakai robotik. Sudah tidak perlu ditelepon lagi. Dari sebelumnya 7-8 hari, sekarang 2-3 hari debitor sudah mendapat approval. Tahun depan, kami berharap persetujuan di hari yang sama, debitor akan dapat melakukan approval kredit,” ujar Bowo di Jakarta, dikutip Ahad (10/10).

Menurut Bowo, untuk mempercepat proses bisnis termasuk perkreditan, BTN telah melakukan sentralisasi operation dari sebelumnya ditangani kantor cabang. Saat ini, sudah ada enam kredit center di seluruh wilayah Indonesia.

- Advertisement -

“Sekarang trennya semua proses kredit ada di sentral, harapannya semua proses bisa seragam, dengan dukungan teknologi,” papar Bowo.

Dia mengungkapkan, dengan percepatan persetujuan kredit tersebut diharapkan, BTN bisa memberikan pembiayaan perumahan mencapai 1,2 juta dalam kurun 5 tahun yakni periode 2021-2025. Langkah ini untuk mengurangi selisih antara kebutuhan rumah dan persediaan atau backlog perumahan di Indonesia.

- Advertisement -

“Sejalan dengan RPJM bahwa setiap tahun 200-300 ribu unit rumah sampai 2025 akan menyalurkan 1,2 juta rumah,” katanya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini