spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Syahrial Nasution Sarankan Anies Baswedan Untuk Masuk ke Parpol

KNews.id – Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution menyarankan bakal cagub Jakarta 2024 sekaligus mantan capres nomor urut 1 Anies Baswedan untuk masuk ke partai politik (parpol).

Syahrial mengatakan, jika bergabung ke partai politik, maka Anies bisa mewarnai partai dengan popularitasnya sekaligus merasakan politik yang lebih fundamental. Selain itu, kata dia, nyali Anies juga patut diuji karena sedang turun kelas dari pilpres ke pilkada.

- Advertisement -

“Pak Anies seru juga kalau masuk parpol. Supaya ikut merasakan politik lebih fundamental. Mewarnai partai dengan popularitasnya sehingga tidak merasa besar sendiri. Salut untuk Kang Emil berani tampil sebagai kader partai tanpa merontokkan nama besarnya,” ujar Syahrial.

Bahas Rencana Duet Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta “Parpol apapun terserah Anies. Tapi kita harus menguji nyali Anies yang turun kelas ke pentas daerah dari pentas nasional. Targetnya selalu sempit, pribadi sekali,” sambungnya.

Syahrial menjelaskan, Demokrat terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung ke partai. Namun, dia menegaskan, belum tentu Demokrat akan mengajukan Anies sebagai cagub di Jakarta, mengingat ada mekanisme partai yang harus dilewati. Lebih jauh, Syahrial mengingatkan, parpol tidak mengejar coattail effect di pilkada.

Sebab, di pilkada, kandidat hanya butuh kursi partai agar bisa maju dalam kontestasi. “Kalau pilpres boleh lah ada coattail effect yang bisa dikejar parpol-parpol untuk menaikkan elektabilitas dalam mengejar kursi parlemen. Tapi di pilkada kan enggak perlu coattail effect parpol-parpol pengusungnya,” tutur Syahrial.

- Advertisement -

Baru di Jakarta Oleh karena itu, Syahrial menilai akan bagus apabila Anies mau bergabung ke parpol, supaya memiliki tanggung jawab untuk ikut membesarkan partai yang mengusungnya.

Kemudian, Anies juga dapat menjalankan tanggung jawab moral terhadap para pendukungnya di Pilpres 2024. Jika menang di Pilkada Jakarta 2024, partai tempat Anies bernaung pasti akan memperjuangkannya sebagai Capres 2029.

“Sehingga, jika maju sebagai Cagub DKI Jakarta, ada harapan bagi para pendukungnya supaya Anies kembali ikut kontes Pilpres 2029. Tentu saja jika menang dan berprestasi. Partai tentu akan memperjuangkan kadernya sebagai capres di 2029,” imbuhnya.

(NS/Kmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini