spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Surya Paloh Menemui Jokowi Menyampaikan akan Mengusung Anies Baswedan sebagai Capres

KNews.id- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (19/8) sore. Menurut sumber inilah.com, Surya Paloh menemui Jokowi salah satunya terkait dengan akan diusungnya Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 oleh NasDem.

NasDem mengabarkan kepada Jokowi perihal akan mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres dalam Pilpres 2024. Bila disetujui, Surya Paloh bakal mengumumkan segera.

- Advertisement -

Namun jika Jokowi tidak setuju, dalam reshuffle kabinet berikutnya NasDem akan menarik menteri dan jadi oposisi. Dengan demikian, hampir pasti pada Oktober mendatang Anies sudah menjadi capres. Ketika dikonfirmasi mengenai pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi, sejumlah elite politik NasDem enggan mengomentari.

Politikus Partai NasDem Nurhadi yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI dapil Jawa Timur VI ketika dihubungi inilah.com meminta agar menanyakan soal itu ke pihak DPP NasDem. “Langsung tanya ke DPP saja,” ucapnya.

- Advertisement -

Adapun Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari yang juga dikonfirmasi soal pertemuan tersebut mengaku sedang tidak berada di Jakarta.

“Mohon maaf saya sedang tidak di Jakarta, jadi tidak mengikuti kegiatan di Jakarta,” ujarnya.

- Advertisement -

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, dua partai politik yaitu PKS dan Demokrat sudah setuju mengusung Anies Baswedan. Namun sejauh ini PKS masih menunggu mekanisme internal partai meskipun petinggi PKS sudah menyetujui.

Begitupun dengan Demokrat yang menginginkan Anies diduetkan dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun dari informasi yang dihimpun, Demokrat bakal mengumumkan bakal capresnya masih menunggu waktu yang tepat.

Sebelumnya pada acara penutupan Rakernas Partai NasDem di Jakarta, Jumat (17/6) malam, Surya Paloh mengatakan bahwa berdasarkan amanah Rakernas memutuskan ada tiga nama yang diusulkan oleh seluruh kader Partai NasDem sebagai bakal Capres 2024, yakni pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, dan ketigaGanjar Pranowo.

“Inilah tiga bakal calon presiden Indonesia yang akan diusung Partai Nasdem di Pemilu 2024,” ujar Surya Paloh, yang selanjutnya akan memutuskan satu dari ketiga nama tersebut sebagai capres yang akan resmi diusung. (AHM/inilh)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini