spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Surya Paloh-Airlangga Hartanto Bertemu, Bahas Anies Baswedan Jadi Capres?

KNews – Surya Paloh-Airlangga Hartanto Bertemu, Bahas Anies Baswedan Jadi Capres? Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Nasdem sangat kental bernuansa politik.

Surya Paloh dan Airlangga tampaknya membicarakan pilpres dan pilkada serentak 2024. Kedua ketua umum tersebut setidaknya menjajaki koalisi dalam mengusung capres dan calon kepala daerah.

- Advertisement -

“Untuk capres, ada kemungkinan Surya Paloh menyodorkan Anies Baswedan atau Ridwan Kamil untuk berpasangan dengan Airlangga pada pilpres 2024,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (10/3/2022).

Kata Jamiluddin, penjajagan awal ini kemungkinannya masih sangat cair, sehingga pasangan capres yang akan diusung bisa saja berubah.

- Advertisement -

“Meski demikian, Surya Paloh tampaknya akan memprioritaskan Anies dalam pencapresan 2024. Hal ini akan membuat sulitnya titik temu dengan Golkar. Sebab, Golkar telah memutuskan akan mengusung Airlangga sebagai capres,” jelasnya.

Titik temu tampaknya akan sulit tercapai. Masing-masing partai akan mempertahankan capresnya, sehingga koalisi untuk pilpres tampaknya sulit terwujud.

- Advertisement -

Jamiluddin mengatakan, kemungkinan terbesar koalisi NasDem dan Golkar dalam Pilkada serentak, khususnya Pilkada DKI Jakarta. Ada kemungkinan kedua partai akan mengusung Sahroni dan Airin.

Pasangan ini memang potensial, terutama bila sejak awal sudah diperkenalkan kepada warga Jakarta.

Untuk saat ini elektabilitas Sahroni dan Airin memang masih rendah. Namun, popularitas mereka sudah cukup memadai.

“Hanya saja dua partai tersebut kemungkinan akan alot dalam menentukan siapa yang menjadi cagub dan cawagub. Bahkan tidak menutip kemungkinan koalisi gagak bila kedua belah pihak tidak mencapai kesepakatan dalam menentukan cagub dan cawagub,” pungkasnya. (RKZ/sn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini