spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Survei SMRC: Peluang Ganjar Besar Walau tanpa PDIP, Don Adam: Buktikan Saja!

KNews.id- Hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut peluang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk menang di Pilpres 2024 sangat besar meski tidak didukung PDI Perjuangan.

Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, mengaku, peluang Ganjar tanpa PDIP memang berat. Tapi, Ganjar tetap unggul dan berpotensi dicalonkan partai lain, serta mendapat dukungan dari relawan Joko Widodo.

- Advertisement -

Namun, aktivis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Adamsyah Wahab memiliki pendapat yang berbeda. Pria yang karib disapa Don Adam itu meminta agar apa yang disampaikan disurvai dibuktikan agar masyarakat yakin.

“Buktikan saja, apakah Ganjar akan tetap tinggi elektabilitasnya kalau beliau keluar dari PDIP?” tuturnya kepada wartawan, Senin (14/6).

- Advertisement -

SMRC sendiri telah melakukan simulasi elektabilitas terhadap 569 dari 1.072 responden yang mengetahui Ganjar, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto. Hasilnya, elektabilitas Ganjar 43,3 persen, sedangkan Prabowo 24,4 persen dan Anies 21,7 persen.

Dari 569 responden ini, SMRC tidak menyertakan pemilih PDI Perjuangan. Hasilnya 35,3 persen memilih Ganjar, 30,8 persen memilih Prabowo, dan 25,5 persen memilih Anies, serta 8,4 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

- Advertisement -

Dijelaskan Saidiman bahwa Ganjar mendapatkan dukungan dari pemilih partai lain, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (68 persen dari basis pemilihnya), Partai Demokrat (40 persen), dan Partai Golkar (36 persen), partai nonparlemen (46 persen), dan yang menyatakan belum tahu akan memilih partai mana (23,9 persen). Elektabilitas Ganjar juga terdongkrak responden yang puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi. (Ade/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini