spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Survei LPI, Budi Gunawan Menjadi Pimpinan Lembaga Terbaik

KNews – Survei LPI, Budi Gunawan menjadi pimpinan lembaga terbaik. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, menjadi tokoh sorotan dalam survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI).

Hasil survei LPI, Budi Gunawan didapuk menjadi tokoh terbaik dalam deretan menteri atau kepala lembaga negara. Ia mendapat penilaian tertinggi dan terbaik dari akumulasi penilaian berbagai indikator.

- Advertisement -

Budi Gunawan disusul nama-nama mentereng dalam memimpin kelembagaan atau kementerian. Dari 10 nama yang telah dirangkum LPI, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berada di urutan empat.

Lalu dalam daftar tersebut juga terdapat nama Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas hingga Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

- Advertisement -

Adapun LPI menggelar survei bertajuk Survei Nasional Pandangan kelas Menengah Intelektual terhadap Kepemimpinan dan kinerja Kabinet Indonesia Maju dan para Pimpinan Lembaga Negara Selama Tahun 2021.

Dokumen hasil survei tersebut telah diterima Tribunnews.com pada Senin (20/12/2021). Dalam keterangannya, survei diselenggarakan mulai 25 November 2021 dan berakhir pada 15 Desember 2021.

- Advertisement -

Tujuannya yakni untuk mengumpulkan pandangan kelas menengah intelektual tentang kepemimpinan dan kinerja para pembantu presiden selama tahun ini.

Kelas menengah intelektual yang dimaksud adalah kelompok masyarakat berpendidikan tinggi (S1, S2, S3) yang secara sadar dan aktif mengamati proses sosial dan politik dan memiliki pandangan mandiri terhadap situasi sosial-politik selama tahun 2021

Populasi survei adalah para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO, Aktivis.

Sementara teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah snowball sampling di mana subjek yang ditunjuk sebagai sampel memberikan banyak referensi atau sumber mengenai subjek-subjek yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan.

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 400 responden. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar 5% pada tingkat kepercayaan ± 95%.

Para responden selanjutnya menjawab berbagai indikator menyasar 46 nama menteri dan pimpinan lembaga negara.

Indikator yang dimaksud antara lain responsivitas, koordinasi dan komunikasi antarlembaga, serta kebijakan. LPI kemudian meerangkum 10 besar terbaik akumulasi penilaian per menteri atau pimpinan lembaga negara.

10 nama tersebut adalah:

  1. Kepala BIN, Budi Gunawan
  2. Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa
  3. Menteri Keuangan, Sri Mulyani
  4. Menteri Agama, yaqiut Cholil Qoumas
  5. Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
  6. Kepala Densus 88 AT polri, Irjen Pol Marthinus Hukom
  7. KSAD, jenderal TNI Dudung Abdurachman
  8. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
  9. Mendagri, Tito Karnavian
  10. Menteri BUMN, Erick Thohir

Kesimpuan yang dirilis LPI:

“Trend kinerja para menteri/kepala Lembaga negara relative positif meskipun tidak sampai 50% yang memperlihatkan kinerja menonjol. Berdasarkan temuan ini, secara kumulatif, 21.7% menteri/kepala lembaga yang meraih penilaian sangat baik atau 10 tokoh dari total N=46 yang dievaluasi dalam penelitian ini.

Selebihnya masuk dalam kategori, baik, buruk, dan bahkan sangat buruk. Sedangkan 39.1% menteri/kepala lembaga negara terkategori baik. Untuk kategori buruk sebanyak 23.9% dan sangat buruk 15.2%.

Untuk yang masuk dalam kategori yang terbaik, LPI memberikan penghargaaan atau apresiasi dalam bentuk Best Leader Award of 2021 untuk menstimulasi dukungan publik terhadap kinerja pemerintah dan negara yang dinilai positif.

Artinya, selain kritik, negara juga membutuhkan dukungan dari publik. Penghargaan terhadap 10 tokoh yang masuk kategori terbaik, adalah bentuk dukungan.”

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini