spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Survei Litbang Kompas: Citra KPK di Mata Publik Makin Menurun!

KNews.id- Hasil survei Litbang Kompas terkini menunjukkan citra lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di hadapan publik makin merosot. Berdasarkan survei pada periode Juni 2022 ini, citra KPK hanya berada di angka 57 persen.

Dikutip dari Harian Kompas, Senin (20/6), hasil ini merupakan apresiasi paling rendah dari publik kepada KPK sepanjang survei Litbang Kompas dilakukan sejak Januari 2015.

- Advertisement -

Belum ada keterangan ataupun tanggapan dari KPK terkait hasil survei Litbang Kompas tersebut. CNNIndonesia.com masih berupaya memperoleh tanggapan Ketua KPK Firli Bahuri tentang hasil survei tersebut.

Tak hanya KPK, kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga penegak hukum lainnya juga semakin rendah. Meningkatnya kekecewaan publik dalam penuntasan kasus hukum juga berimbas pada apresiasi publik pada citra Polri.

- Advertisement -

Citra polisi hanya berada di angka 65,7 persen. Artinya, kepercayaan publik kepada polisi menurun 9,1 poin dibandingkan hasil survei pada Januari. Angka ini tercatat juga paling rendah bagi Korps Bhayangkara itu selama lebih dari lima tahun terakhir ini.

Kondisi serupa juga dialami lembaga Mahkamah Agung (MA) dan Kejaksaan Agung yang citranya sama-sama merosot sebesar 11 persen. Sementara citra Mahkamah Konstitusi (MK) juga menurun jadi sebesar 15 persen.

- Advertisement -

Adapun secara umum, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam bidang penegakan hukum memang berada di titik kritis.

Survei memaparkan sebanyak 44,7 persen publik tak puas dalam hal pemberantasan suap dan jual beli kasus hukum. Sementara sebanyak 43,2 persen mengaku tak puas dalam hal pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Kemudian, sebanyak 37,7 persen publik menyatakan tak puas dengan kinerja pemerintah dalam hal menjamin perlakukan yang sama oleh aparat hukum kepada semua warga. Selain itu, sebanyak 35,8 persen publik mengaku tak puas dengan kinerja pemerintah dalam hal menuntaskan kasus-kasus kekerasan oleh aparat atau pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Berikutnya, sebanyak 32,7 persen publik mengaku tak puas dengan kinerja pemerintah dalam hal menuntaskan kasus hukum. Survei Litbang Kompas ini dilaksanakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Tingkat kepercayaan survei 95 persen, margin of error penelitian sekitar 2,8 persen. Sementara itu, berdasarkan survei Charta Politika, sebanyak 68,4 persen publik puas dengan kinerja Jokowi-Ma’ruf.

Menurut survei yang diselenggarakan pada 25 Mei-2 Juni 2022 itu, kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma’ruf meningkat jika dibandingkan pada April 2022 yang ada di angka 62,9 persen. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini