spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Sunarso, Analisis Kredit Hingga Menjadi Orang Nomor Satu di BRI

KNews.id- Lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Sunarso secara resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama BRI, menggantikan posisi Suprajarto. Dulunya cuma analis kredit, penasaran dengan fakta menarik beliau? Simak faktanya:

Bankir berprestasi kelahiran Pasuruan ini menjabat sebagai Wakil Dirut BRI pada Januari hingga September 2019. Bisa dibilang, Pak Sunarso ini merupakan seseorang yang meniti kariernya dari nol hingga akhirnya menjadi bos besar di bank plat merah lho.

- Advertisement -

Pengin tahu sekilas fakta mengenai Sunarso yang kini sukses sebagai Dirut BRI baru? Yuk, simak ulasannya.

· Dulunya Cuma Analis Kredit Bank

- Advertisement -

Menurut informasi dari Wikipedia, Sunarso memulai kariernya di Bank Dagang Indonesia sebagai seorang analis kredit. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, Sunarso pun naik jabatan menjadi Asisten Relationship Manager dan Relationship Manager di tahun 1991.

Hingga tahun 1996, jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengisi posisi sebagai Relationship Manager di bank tersebut. Namun di tahun 1999 saat BDN merger dengan Bank Mandiri, ia menduduki jabatan baru sebagai Senior Officer. Lamban laun ia pun mengisi jabatan sebagai Senior Relationship Manager, Assistant Vice President, Vice President, hingga menjadi Executive Vice President Group Head Agro-Based Corporate Banking.

- Advertisement -

Konon kabarnya, salah satu prestasi Sunarso yang patut diacungi jempol adalah saat dirinya sukses menyusun skema pembiayaan pada sektor kelapa sawit.

· Sempat Menjabat Bos Pegadaian

Setelah berkarier sebagai salah satu dewan direksi di Bank Mandiri, di tahun 2015, Sunarso pindah ke BRI dan menduduki kursi Wadirut. Akan tetapi di tahun 2017, ia justru pindah ke Pegadaian dan menjadi dirut di BUMN tersebut.

Di bawah kepemimpinannya, Pegadaian telah berhasil menerima segelintir penghargaan bergengsi. Di antaranya penghargaan pada ajang BUMN Marketeers Award 2018 yang diprakarsai oleh MarkPlus Inc

Sementara itu secara pribadi, Sunarso juga sempat dianugerahi penghargaan CEO terbaik (transformative leader) dalam kategori tata kelola perusahaan dan pelayanan yang diberikan oleh 7 Sky Media Award 2018, hingga The Best CEO Anugerah BUMN Award 2018 kategori Talent Development. Usai dari Pegadaian, ia pun ditarik kembali ke BRI buat mendampingi Suprajarto. Kini dirinya sah menggantikan pak Supra sebagai Dirut BRI.

· Di Bawah Komando Sunarso, BRI akan Membuat Fintech

Sunarso mengatakan bahwa di bawah komandonya, BBRI bakal lebih aktif dalam menyalurkan pembiayaan ke pelaku usaha ultra mikro. Hal itu pun udah sesuai dengan misi BRI yaitu “Go Smaller, Go Shorter”. 

Buat mewujudkan hal tersebut, Sunarso bahkan menggagas pembentukan sebuah perusahaan fintech yang menyasar pengusaha ultra mikro, mantap juga ya ide bapak satu ini!. BRI sendiri telah menggandeng salah satu fintech P2P lending, Investree buat menyalurkan kredit ke UKM-UKM. 

Berdasarkan keterangan pers, BRI udah berkomitmen buat melakukan penambahan angka penyaluran kredit sebesar Rp 200 miliar. Buat mendirikan sebuah fintech, BRI tentunya gak akan kesulitan. DNA-nya BRI sebagai bank itu sendiri udah berupa bank mikro.

Di samping itu, BRI juga menjadi salah satu bank dengan market cap terbesar.  Itulah sekilas tentang Sunarso yang kini menjadi Dirut BRI baru. Mudah-mudahan dengan adanya Sunarso, BRI makin maju deh dan sahamnya selalu bullish di perdagangan. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini