spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

Stres Bisa Jadi Pemicu Penyakit Autoimun di Usia Muda

KNews.id – Jakarta , Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik melawan diri sendiri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyakit ini di antaranya faktor genetik sampai gaya hidup.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi autoimun dr Steven Sumantri, SpPD, K-AI, DAA, FINASIM mengatakan generasi muda atau Gen Z memiliki risiko terserang autoimun cukup tinggi. Salah satu penyebabnya adalah stres kronik.

- Advertisement -

Stres kronik, lanjut dr Steven, kini banyak dirasakan oleh generasi muda. Menurutnya, tidak adanya support system dalam menghadapi permasalahan hidup menjadi alasan utamanya.

“Pada saat kita punya stres kronik, tubuh kita cenderung meradang. Saat kita punya banyak pikiran, jadi sulit tidur, peradangan di dalam tubuh cenderung meningkat,” ujar dr Steven dalam temu media di di Tangerang.

- Advertisement -

“Adrenalin dan hormon kortisol itu meningkat, itu menimbulkan inflamasi lebih lanjut,” sambungnya.

Ketika itu tidak bisa terkendali, maka akan dengan mudah memicu berbagai macam penyakit, salah satunya autoimun. Autoimun sendiri, lanjut dr Steven, adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Pasalnya penyakit ini bisa menyerang hampir seluruh organ di tubuh manusia.

- Advertisement -

“Jadi kalau misalnya sistem imun kita menyerang organ, kemungkinan organ tersebut rusak atau kehilangan fungsinya,” tambah dr Steven.

“Ya kita tau kalau kerusakan itu terjadi di banyak organ, selain bisa menimbulkan kesakitan yang berat, tapi bisa juga sampai kematian kalau kita tidak bisa mengendalikan dengan baik,” sambungnya.

Usia-usia paling rentan terkena autoimun ada di rentang 20-40 tahun, usia di mana seseorang dikatakan masih produktif. Lebih lanjut, 1 dari 10 orang di dunia mengidap autoimun.

“Kalau kita lihat dari studi terakhir ya, 1 di antara 10 (terkena autoimun). Memang autoimun puncaknya di usia 20-40 tahun,” pungkas dr Steven.

Terakhir, dr Steven menambahkan jika ada beberapa jenis penyakit autoimun yang menyerang anak muda, yakni artritis reumatoid, lupus, diabetes tipe 1, autoimun tiroid, dan autoimun saluran cerna.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini