spot_img
Selasa, Mei 21, 2024
spot_img

Standar KRIS Kelas 3 BPJS Kesehatan: Ada AC, WC di Dalam

KNews.id – Kementerian Kesehatan memastikan kelas rawat inap standar (KRIS) tidak akan digunakan untuk mengantikan sistem kelas 1 dan 2 rawat inap BPJS Kesehatan. Alih-alih KRIS hanya akan diterapkan pada kelas 3 BPJS Kesehatan.

Kebijakan ini diungkap oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. Dia menegaskan pemerintah memutuskan sistem KRIS diberlakukan bukan untuk menghapus sistem kelas di BPJS Kesehatan, melainkan untuk standarisasi ruang rawat inap kelas 3 yang berbeda antar rumah sakit. “Enggak ada penghapusan kelas, sampai sekarang ini standarisasi kelas,” ucap Nadia, dikutip Rabu (21/6).

- Advertisement -

Standarisasi ini penting untuk kelas 3 karena perbedaan infrastrukturnya sangat mencolok, mulai dari jumlah tempat tidur yang beragam hingga letak WC yang berbeda, ada yang di dalam ruang rawat inap dan ada yang di luar ruang rawat inap.

Nantinya, kelas 3 akan memiliki 4, 6 atau 8 bed. Kemudian, akan ada WC di dalam, serta pendingin ruangan. Untuk besaran iuran, Nadia pun memastikan tarif kelas 3 BPJS Kesehatan tetap sama pada tahun ini, meski ada perubahan. Pasalnya, penerapan total standarisasi kelas 3 ruang rawat inap itu baru serentak ada di tiap RS pada 2025 mendatang.

- Advertisement -

“Kalau iuran beda lagi pembahasannya, sekarang ini yang harus kita standarkan kelasnya, jadi kalau sasaran kita itu kelas 3, karena saat ini kelas 1 dan 2 itu iurannya berbeda ya, jadi dia masih mendapatkan haknya,” tambah Nadia. (Zs/ CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini