spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Sri Mulyani Mendatangi Kantor IMF di AS, Ada Apa ya?

KNews.id- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendatangi kantor International Monetary Fund (IMF), Amerika Serikat (AS). Ia datang untuk hadir dalam pertemuan tahunan.

Sri Mulyani mengatakan pada pertemuan tahunan itu, yang dibahas di antaranya mengenai pemulihan ekonomi dunia yang tidak merata akibat pandemi COVID-19 dan sejumlah tantangan lainnya.

- Advertisement -

“Hari kedua pertemuan tahunan IMF World Bank. Pembahasan mengenai pemulihan ekonomi dunia yang tidak merata akibat tidak semua negara mampu mendapat akses vaksin COVID dan munculnya tantangan dan ketidakpastian baru juga menimbulkan komplikasi bagi para pembuat kebijakan,” tulis Sri Mulyani dalam Instagram @smindrawati, Jumat (15/10).

Lebih lanjut, ia mengungkap kenaikan harga produk dari berbagai sektor juga menyebabkan negara-negara maju ditekan inflasi. Dia menyebut produk itu di antaranya, kenaikan harga minyak dan gas, harga komoditas, hingga harga pangan.

- Advertisement -

“Kondisi ini akan memaksa perubahan kebijakan moneter di negara maju yang berpotensi menimbulkan dampak rambatan spill over ke seluruh dunia. Semua negara mengalami penurunan ruang fiskal dan moneter. Sementara tekanan ekonomi masih belum menurun,” tambahnya.

Selain tekanan pandemi COVID19, dunia juga kini makin ditambah dengan tantangan perubahan iklim dan dibayangi pandemi yang belum berakhir. Sri Mulyani mengatakan hal itu menuntut semua negara untuk menyusun kebijakan penanganan yang membutuhkan sumber data yang tidak sedikit.

- Advertisement -

“Namun apabila tidak ditangani sejak sekarang akan menimbulkan dampak kerugian material yang sangat besar dan bahkan krisis kemanusiaan,” tuturnya.

Kata Sri Mulyani, semua tantangan ini harus dihadapi dan ditangani dengan kombinasi kebijakan Fiskal Moneter yang responsif dan fleksibel, namun tetap terukur dan akuntabel.

“Konsolidasi fiskal harus dilakukan secara bertahap dan sesuai tahap dan perkuatan pemulihan. Reformasi struktural untuk membangun dan memperkuat fondasi ekonomi yang produktif, inovatif dan kompetitif harus terus dilakukan dengan konsisten dan efektif serta berhasil guna,” ungkapnya.

Saat ini, kata Sri Mulyani Indonesia terus melakukan langkah-langkah pemulihan ekonomi dan memperkuat fondasi ekonomi dengan berbagai langkah reformasi struktural.

“Sinergi semua pemangku kepentingan sangat penting,” tutupnya. (Ade/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini