spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

SP Memegang Kartu As Jokowi Menjadi Penyebab Gagalnya Reshuffle Kabinet?

KNews.id- Meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai parpol yang membesarkan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan tekanan politik terhadap mantan Walikota Solo itu untuk melakukan reshuffle kabinet, hal itu tetap tak dilakukannya. Diduga faktor Surya Paloh lah yang membuat mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut enggan melakukan perombakan kabinet.

“Memang ada kesan tak berani mereshuffle. Itu bisa saja terjadi, karena Nasdem, khususnya Surya Paloh, dinilai punya jasa besar menghantarkan Jokowi jadi presiden,” kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, dikutip dari RMOL, Jumat (24/2).

- Advertisement -

Bahkan, sambung Jamiluddin, Partai NasDem adalah parpol yang pertama kali mengusung Jokowi sebagai capres pada Pilpres 2014. Sementara partai lain belum terpikir untuk mengusung Jokowi. PDIP pun saat itu masih bingung, antara mengusung Megawati atau Jokowi.

“Jadi, jasa besar itu tampaknya membekas di sanubari Jokowi. Itu membuatnya merasa bersalah bila harus mereshuffle menteri asal Nasdem dari kabinetnya,” imbuh Jamiluddin.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini