spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Skandal RANS Entertainment dan Kaesang bin Jokowi

Oleh: Agung Wibowo Hadi, Aktivis Pergerakan ’98 sekaligus salah satu pendiri Forum Kota (Forkot)

KNews.id-RANS Entertainment milik pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavin sudah semakin memasuki ranah politik praktis. Ini terungkap dari kebanggaan Raffi Ahmad bahwa Rans Entertainment menjadi penyelenggara, event organizer, acara relawan Nusantara Bersatu pada 26 November 2022 di Gelora Bung Karno (GBK).

- Advertisement -

Presiden Jokowi pun hadir, tampak senang. Karena seperti diberitakan, teriakan dukungan Tiga Periode menggema di stadion. Di tengah acara, juga tampak Arsyad Rasyid, Ketua Umum KADIN yang juga sekaligus Bos Indika Group.

Anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep diangkat jadi komisaris RANS Entertainment setahun sebelumnya, sejak 30 Oktober 2021. Di hadapan media saat itu, Kaesang bilang fungsinya sebagai komisaris RANS Entertainment adalah “mukulin” Mas Rafi. Sebulan kemudian, setelah “dipukuli” Kaesang, RANS Entertainment pada 13 November 2021 kelimpahan investasi dari Grup Emtek sebesar Rp 248 miliar.

- Advertisement -

Grup Emtek ini bukan sembarangan. Dekatnya Grup Emtek dengan Kaesang dibuktikan dari fakta bahwa beberapa bulan kemudian Grup Emtek ini kemudian juga berinvestasi di perusahaan Kaesang yang lain, yakni, Mangkokku. Disebutkan, pada 6 Juni 2022, Grup Emtek bersama Cakra Ventures dan Alpha JWC Ventures menggelontorkan dana USD 7 juta ke Mangkokku. Sebulan setelah mendanai Mangkokku, Juli 2022, giliran Grup Emtek yang ketiban rezeki dengan masuknya investasi dari grup Sinar Mas sebesar USD 200 juta atau Rp 3 triliun untuk membeli kepemilikian di aplikasi dompet elektronik DANA milik Grup Emtek.

Siapa Cakra Ventures yang ikut berinvestasi ke Mangkokku? Cakra Ventures terindikasi dimiliki oleh Indika Group pimpinan Arsyad Rasyid, yang juga panitia acara Nusantara Bersatu. Sedangkan Alpha JWC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang didirikan di negeri surga pajak Caymand Island, sangat sering mendanai bisnis anak-anak Presiden Jokowi. Soal Mangkokku dan Alpha JWC Ventures akan disampaikan di edisi berikutnya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini