spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Sjam Kamaruzzaman dan Kerja Rahasia Biro Khusus PKI (III)

KNews.id-…..Menurutnya, Sjam tidak pernah mengikuti latihan militer di RRC. Kepergian Sjam ke RRC dikatakannya hanya untuk keperluan berobat. Namun kesan Sjam sebagai wakil PKI telanjur membuatnya terkesan.

Benedict Anderson yang menyaksikan sidang Mahmilub perkara Sjam tahun 1967 menyatakan, dirinya tidak bisa percaya bahwa Sjam merupakan kader PKI karena retorikanya datang langsung dari aktivisme nasionalis tahun 1940 akhir.

Sebagai anggota PKI, Sjam juga diketahui tidak pernah membaca buku-buku Marxisme-Leninisme. Prinsipnya hanya satu, mengabdi kepada Aidit. Dia melihat Aidit sebagai Stalin dan Mao versi Indonesia yang diagung-agungkan.

Menurut Sjam, ideologi partai adalah cinta kepada partai. Saat PKI telah hancur pada tahun 1967, Sjam kembali ke sifat oportunisnya. Dia berusaha menyalamatkan dirinya sendiri dan menghianati kawan-kawannya sendiri.

Dalam kesaksiannya, Sjam menyebut dua perwira militer yang menjadi bagian dari BC. Salah seorang dari mereka akhirnya ditangkap dan dipenjarakan akibat pengakuan dari Sjam. Dia juga menyebut lebih banyak nama lagi.

Dengan memberikan informasi yang dibutuhkan dan bukan yang benar, Sjam berharap hidupnya akan lebih panjang. Setelah 10 kali disidang, pengadilan menjatuhkan vonis mati kepadanya tahun 1968 dan baru tahun 1986 hukuman itu dilakukan.

Demikian ulasan singkat Cerita Pagi tentang Sjam Kamaruzzaman dan Kerja Rahasia Biro Khusus PKI ini diakhiri. Semoga memberikan manfaat. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini