spot_img
Senin, Juni 24, 2024
spot_img

Sidang SYL, Surya Paloh Disebut Tahu Garnita Didanai Kementan

KNews.id – Surya Paloh disebut mengetahui semua kegiatan yang dijalankan Garnita Malahayati bersumber dari uang Kementerian Pertanian (Kementan).

Ketua Umum Partai Nadem, Surya Paloh, disebut mengetahui semua kegiatan yang dijalankan Garnita Malahayati bersumber dari uang Kementerian Pertanian (Kementan). Garnita sendiri merupakan organisasi sayap partai yang dipimpin anak terdakwa Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita Syahrul.

- Advertisement -
Hal tersebut terungkap dari kesaksian Joice Triatman yang merupakan mantan Stafsus SYL saat menjadi menteri sekaligus Wakil Bendahara Umum Partai Nasdem.

“Siapa ketua Partai Nasdem yang saudara ketahui?” tanya perwakilan kuasa hukum SYL dalam sidang, Rabu (29/5/2024).

“Ketua Umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh,” kata Joice.

“Beliau tahu tentang aktivitas Garnita ini?” tanya kuasa hukum SYL.

- Advertisement -

“Tahu, bapak,” ujar Joice.

“Tahu seperti apa? Saudara melaporkan?” tanya kuasa hukum SYL.

- Advertisement -

“Tidak selalu, tapi iya, melaporkan. Dan karena di setiap kegiatan itu di Partai Nasdem memiliki sosial media dan website dan itu pasti di-upload di website itu,” jawab Joice.

Joice pun menekankan, perintah Thita bahwa pemberian sapi kurban, bantuan sembako hingga telur agar berkoordinasi dengan internal Kementan dan dilaporkan ke Surya Paloh. Lalu, Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh, meminta dia menjelaskan apa jawaban dari Paloh.

“Baik, bagus, jalankan,” ucap Joice mencontohkan kalimat Surya Paloh.

Diberitakan sebelumnya, kesaksian Joice pada sidang Senin (27/5/2024) menyatakan bukan hanya bantuan uang Rp850 juta diberikan kepada Nasdem. Dia membeberkan bahwa kegiatan sosial Garnita sebagai organisasi sayap Partai Nasdem juga bersumber dari Kementan.

Kegiatan pertama adalah pembagian satu ekor sapi kurban ke 34 provinsi. Kemudian, ada juga kegiatan bagi-bagi sembako ke 34 provinsi. Pembagian satu ton telur pun juga dilakukan, namun tidak semua provinsi. Semua itu diberikan atas instruksi dari Thita anak SYL.

(Fhd/TI)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini