spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Siapakah KH Qurtubi Jaelani sang Ketua Umum FPI Baru?

KNews.id- Organisasi masyarakat Front Persaudaraan Islam (FPI) makin eksis. Kini ormas Islam itu telah menetapkan KH Qurtubi Jaelani sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FPI. Siapa dan bagaimana jejak kiai tersebut?

Setelah dideklarasikan pada hari pertama tahun 2021 dengan nama Front Persatuan Islam, oramas ini kemudian belakangan berubah nama jadi Front Persaudaraan Islam. Nah ormas ini kini telah menunjuk KH Qurtubi Jaelani sebagai Ketua Umum ormas tersebut. FPI didirikan sesuai dengan maklumat Habib Rizieq pada 30 Desember 2020.

- Advertisement -

Siapa KH Qurtubi Jaelani

Sosok KH Qurtubi Jaelani sebelumnya sudah dikenal di kalangan internal Front Pembela Islam (FPI) yang belakangan dibubarkan pemerintah. Sebelumnya KH Qurtubi merupakan tokoh yang disegani di kalangan Front Pembela Islam Banten. Sama seperti Habib Rizieq, KH Qurtubi di lingkungan FPI Banten kala itu merupakan Imam FPI Banten. Dalam deklarasi Front Persaudaraan Islam, KH Qurtubi Jaelani merupakan salah satu deklarator FPI pada 8 Januari 2021.

- Advertisement -

Selain KH Qurtubi, deklarator FPI yang baru ini adalah KH. Ahmad Shabri Lubis, KH. Awit Mashuri, KH Tb. Abdurrahman Anwar, KH. Maksum Hasan, HB. Muchsin Alatas, Teungku Muslim Attahiri, HB. Umar Abdul Aziz Assegaf, HB. Umar Assegaf, HB. Bagir Bin Syech Abubakar, HB. Hasan Assegaf, HB. Faisal Alhabsy, KH. Muhammad Arif Nur, HB. Alwi Baraqbah dan Munarman

KH Qurtubi dekat dengan Habib Rizieq, foto-fotonya dengan Habib Rizieq terlihat. Saat Habib Rizieq bermukim di Arab Saudi, KH Qurtubi umrah menyempatkan bertamu dan bersilaturahmi dengan Imam Besar FPI tersebut.

- Advertisement -

Sebagai kiai, KH Qurtubi punya lembaga pendidikan Islam yaitu Pondok Pesantren Salafiyyah Al Futuhiyyah Lebak Banten.

KH Qurtubi bersama FPI Banten pernah membuat terobosan yaitu memberikan bantuan sosial rumah bagi warga korban banjir bandang Lebak beberapa waktu lalu. Jadi FPI Banten membeli lahan sawah dan dibangunkan rumah untuk para korban banjir bandang

Asas Pancasila dan Islam

Nah dalam rilis yang beredar, FPI punya dua asas dalam satu kesatuan lho. Asas keagamaan FPI adalah Islam, asas kebangsaan FPI adalah Pancasila. Asas ini tertera dalam Pasal 5 AD FPI.

FPI ini punya 5 paradigma juang yaitu Bela agama dan bela negara; Dakwah dan pendidikan Islam; Penegakan hukum dan HAM; Kemanusiaan dan penanggulangan bencana; Pengembangan media yang jujur dan amanah;

Sedangkan untuk program FPI punya tiga program juang unggulan yaitu deliberalisasi, deradikalisasi dan aswajaisasi. Deliberalisasi yaitu menjaga Islam dan Pancasila dari rongrongan ideologi liberal yang menyerang Islam dan Pancasila, serta melahirkan bahaya ateis dan komunis serta kapitalis.

Untuk program deradikalisasi yaitu menjaga Islam dan Pancasila dari rongrongan ideologi radikal yang merusak Islam dan Pancasila serta melahirkan bahaya ekstrimis, teroris serta separatis.

Program Aswajaisasi yaitu menyebar luaskan ajaran ahlu sunnah wal jamaah yang menebar rahmatal lil alamin melalui dakwah dan hisbah serta jihad konstitusional. (AHM/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini