spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Siapa Sosok Faizal Assegaf, yang Dilaporkan Erick Thohir ke Polisi?

KNews.id-Menteri BUMN Erick Thohir baru-baru ini melaporkan seorang bernama Faizal Assegaf ke Bareskrim Polri dengan dugaan fitnah dan pencemaran nama baik.

Erick Thohir melalui kuasa hukumnya, Ifdhal Kasim, melaporkan Faisal Assegaf pada Jumat, 26 Agustus 2022 lalu.

- Advertisement -

Laporan tersebut terkait postingan Faizal Assegaf melalui akun Instagram Miliknya yang mengunggah video pernyataan kuasa hukum Brigadir J, Komaruddin H Simanjuntak soal dana capres.

Komaruddin Simanjuntak dalam video tersebut menuding Dirut Taspen yang menurutnya mengelola dana Capres untuk 2024 hingga mencapai Rp 300 Triliun.

- Advertisement -

Selain itu, Kamaruddin juga menyebut pejabat BUMN itu punya banyak istri simpanan. Dalam video tersebut, sang pengacara tidak saman sekali menyebut nama orang yang dimaksud, termasuk nama Erick Thohir.

Tapi Faizal Assegaf yang mengunggah ulang potongan video dan tersebut menambahkan kalimat yang mengarah pada Erick Thohir.

- Advertisement -

Menurut Faizal Assegaf, yang dimaksud oleh pengacara Komaruddin itu adalah Erick Thohir.

Bahkan Faizal Assegaf juga menyebut jika istri-istri simpanannya dinikahi secara gaib.

Tudingan Faizal Assegaf itu kemudian dianggap fitnah dan melukai hati keluarga Erick Thohir sehingga dia dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Lalu, siapakan sosok Faizal Assegaf yang berurusan dengan Erick Thohir?

Faizal Assegaf memang kerap melontarkan kritik-kritik kepada pemerintah di melalui media sosial. Dia merupakan seorang aktivis yang menjadi bagian dari presidium alumni 212.

Tidak hanya pemerintahan Jokowi, Faizal Assegaf telah melancarkan kritik-kritiknya terhadap rezim pemerintah sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Melalui akun media sosialnya @faizal.assegaf kritik atau lebih tepatnya ‘serangan’ terhadap pemerintah dilancarkan.

Faizal Assegaf sangat aktif melontarkan kritik terhadap rezim pemerintahan dan tokoh-tokoh yang terlibat atau mendukung rezim pemerintahan.

Sebelumnya, sejumlah tokoh tercatat pernah ‘ribut’ dengan Faizal Assegaf antara lain KH Yahya Staquf Ketua PBNU, KH Bahaudin Salim atau Gus Baha, hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

Misalnya tudingan Faizal Assegaf terhadap Gus Baha, dia menilai sosok ulama NU itu bukanlah seorang ulama tapi sekadar politisi banyolan.

Faizal Assegaf mengkritk Gus Baha yang sering menyebut Nabi Muhammad sebagai manusia biasa. Sikap seperti ini oleh Faizal Assegaf dianggap sebagai sikap yang kurang ajar kepada Baginda Nabi.

“Mana ada ulama NU yang nekat dan begitu sombong menyebut Baginda Nabi manusia biasa? Itu kebodohan, sikap kurang ajar!” sebut Faizal Assegaf melalui akun media sosialnya waktu itu.

Faizal Assegaf merupakan pria lahir kelahiran Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur yang hingga saat ini masih aktif sebagai aktivis dan pegiat media sosial. Faizal Assegaf memimpin sebuah LSM bernama Progres 98. (Ach/Aln)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini